TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

IDI: Tidak Ada yang Kenal Hadi Pranoto di Berbagai Perhimpunan Dokter

Hadi Pranoto viral setelah pernyataan temukan obat COVID-19

Profesor Hadi Pranoto/tangkapan layar youtube@duniaMANJI

Jakarta, IDN Times - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sudah menelusuri identitas orang yang mengaku pakar mikrobiologi Hadi Pranoto yang viral karena pernyataannya dalam video wawancara dengan musisi Anji beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi mengungkapkan IDI sudah mengecek di berbagai perhimpunan atau komunitas kedokteran namun tidak ditemukan.

"Nama Hadi banyak, tapi Hadi Pranoto yang itu semua komunitas dokter tidak ada yang tahu beliau artinya tidak ada yang mengenal beliau sebagai dokter," tegasnya saat dihubungi IDN Times, Senin (3/8/2020).

Baca Juga: Bikin Resah, YouTube Turunkan Video Anji soal Obat COVID-19!

1. IDI pertanyakan kapasitas Hadi Pranoto

Ridwan Tawainella sudah mengikuti rapid test di kantor Arema FC. IDN Times/ Alfi Ramadana

Dia mempertanyakan kapasitas Hadi Pranoto dalam wawancara bersama Anji. Untuk itu perlu ditelusuri lebih lanjut gelar profesor yang disematkan pada Hadi Pranoto apakah benar.

"Secara personal apakah benar yang menyampaikan seorang profesor atau ahli ini perlu ada tindak lanjut dari aparat," terangnya.

2. IDI minta publik figur cari referensi narasumber kredibel

Waketum PB IDI, dr. Moh Adib Khumaidi, SpOT dalam diskusi di kawasan Jakarta Pusat (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Adib memahami saat ini masyarakat sangat berharap adanya temuan vaksin atau obat COVID-19, namun dia meminta agar masyarakat harus mendapatkan informasi yang benar dari narasumber yang valid sebab saat ini seluruh dunia berjuang dapatkan vaksin.

"Publik figur sebaiknya cari referensi narasumber yang bisa membuktikan secara ilmiah dan kebenarannya, jangan mengambil narasumber yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, sebab ini bicara tentang keamanan masyarakat," ucapnya.

"Mari kita sama-sama berikan edukasi informasi yang baik dan benar jangan buat pernyataan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan," imbaunya.

Baca Juga: Prof Wiku soal Video Anji dan Hadi Pranoto: Cek Sumber yang Benar!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya