TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Komnas HAM: Puzzle Peristiwa Tewasnya 6 Laskar FPI Semakin Terang

Komnas HAM akan panggil Jasa Marga dan Polda Metro hari ini

IDN Times/Margith Juita Damanik

Jakarta, IDN Times - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) tidak bisa mengikuti rekonstruksi perkara dugaan penembakan terhadap 6 anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek, pada Minggu malam.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam membenarkan bahwa pihaknya sudah mendapat undangan dari kepolisian untuk mengikuti rekonstruksi namun tidak bisa hadir lantaran tengah mendalami hasil penyelidikan internal yang dilakukan timnya.

"Kami tidak bisa mengikuti (olah TKP) untuk malam ini. Saya dan tim sedang mengonsolidasi temuan sementara penyelidikan dari berbagai sumber, termasuk hasil olah TKP pendalaman pertama yang kami lakukan selama 2 hari kemarin," ujarnya dalam siaran tertulis, Minggu (13/12/2020).

Baca Juga: KontraS Tidak Hadir Olah TKP Bentrokan Polisi vs FPI, Ini Alasannya

1. Komnas HAM mengaku telah mengumpulkan puzzle perkara secara detail

Lokasi bentrok laskar FPI dengan Polisi di Tol Jakarta Cikampek KM 50 Karawang, Jawa Barat (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Choirul mengatakan dia juga tengah melakukan persiapan untuk pengambilan keterangan terhadap pihak Jasa Marga dan Polda Metro Jaya pada Senin (14/12/2020).

Meski demikian, dia optimistis dapat membuka terang kasus dugaan penembakan yang menewaskan enam anggota laskar FPI ini.

"Puzzle terangnya peristiwa, semakin detail, kami dapatkan. Dan berharap semakin banyak yang diperoleh, semakin cepat terang," imbuhnya

2. Bareskrim Polri olah TKP di Tol Cikampek malam ini

Lokasi bentrok laskar FPI dengan Polisi di Tol Jakarta Cikampek KM 50 Karawang, Jawa Barat (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian mengatakan pihaknya akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP)
terkait bentrokan yang menewaskan enam laskar Front Pembela Islam (FPI) pada Senin (7/12/2020) dini hari.

"Benar (olah TKP), salah satunya di Tol Cikampek KM 50, jam 23.00, kumpul di Polres Karawang," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Minggu (13/12/2020).

3. Olah TKP disebut melibatkan pihak eksternal

Lokasi bentrok laskar FPI dengan Polisi di Tol Jakarta Cikampek KM 50 Karawang, Jawa Barat (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Dia menerangkan dalam olah TKP tersebut juga melibatkan pihak eksternal yakni Kompolnas, KontraS dan Amnesty Internasional. Namun yang mengonfirmasi hadir hanya Kompolnas.

"Ini salah satu metode penyidik untuk meyakinkan apakah keterangan saksi sesuai, kita lihat nanti perkembangannya," ujarnya.

Baca Juga: Tanggapi Tewasnya 6 Laskar FPI, Jokowi: Aparat Harus Taat Aturan Hukum

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya