TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Konsultasi COVID-19, Peserta BPJS Kesehatan Bisa Telepon Call Center

Ada dokter yang siap melayani pertanyaan soal COVID-19

Ilustrasi aktivitas di Kantor BPJS Kesehatan Palembang Jalan R Sukamto (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Jakarta, IDN Times - Layanan telepon Care Center 1500 400 BPJS Kesehatan mengalami lonjakan panggilan. Kenaikan ini terjadi sejak BPJS Kesehatan mengalihkan layanan ke Mobile JKN dan Call Center BPJS Kesehatan sejak 17 Maret.

Layanan call center 1500 400 tidak hanya melayani seputar administrasi, namun peserta juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter. Kendati, layanan tersebut tidak gratis atau memakai pulsa reguler agar terhubung.

(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Jiwasraya Bayar Dana Nasabah di Tengah Virus Corona, Ini Kata Pengamat

1. Konsultasi dokter bisa langsung ke call center

(Tangkapan Layar Aplikasi Mobile JKN)

IDN Times mencoba layanan call center 1500 400. Awalnya, terdengar suara pembuka dari petugas yang memberitahukan bahwa layanan tersebut bisa melakukan pendaftaran, perubahan data peserta, pengecekan status kepesertaan, dan pengecekan iuran melalui mobile JKN yang dapat diunduh melalui Playstore.

Kemudian, saya diarahkan menekan tombol nol, jika ingin berkonsultasi dokter. Saya pun menekan tombol nol, dan tidak lama berdering di ujung telepon terdengar suara yang memperkenalkan namanya dokter Agus.

2. Konsultasi dokter tidak dibatasi namun berbayar

Kantor BPJS Kesehatan Sumsel (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dokter Agus kemudian menanyakan apa tujuan saya, dan mengatakan semua peserta atau masyarakat bisa berkonsultasi apa saja, termasuk berkaitan dengan virus corona.

"Apa saja bisa ditanyakan, jadi tidak dibatasi," ujar sang dokter.

Meski bisa menanyakan apa saja dengan waktu yang tidak terbatas, namun telepon konsultasi tersebut tidak gratis alias berbayar.

Baca Juga: WHO: Lockdown Bukan Satu-Satunya Solusi Tangani Virus Corona!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya