TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menkominfo: Tidak Perlu Pilih Merek Vaksin, Semua Bisa Lawan Delta!

Vaksin COVID-19 di Indonesia efektif lawan varian Delta

Petugas menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada pengendara di pelayanan vaksinasi secara Layanan Tanpa Turun atau Drive Thru di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate meminta masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi COVID-19. Dia memastikan semua merek vaksin COVID-19 yang ada di Indonesia, dari mulai vaksin CoronaVac, Moderna dan Pfizer, aman dan berkhasiat untuk masyarakat.

"Pemerintah memastikan semua vaksin COVID-19 yang ada di Indonesia efektif melawan berbagai varian virus corona termasuk varian delta," ujar Johnny G Plate, dalam siaran tertulis yang dikutip Jumat (27/8/2021).

 

Baca Juga: Vaksin Pfizer di Jakarta Bisa Disuntikkan untuk Anak 12 Tahun ke Atas

1. Belum ada bukti ilmiah vaksin merek Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, atau Moderna tak mampu lawan varian Delta

IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Johnny mengatakan, belum ada bukti ilmiah ataupun jurnal medis yang menunjukkan vaksin-vaksin seperti Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, atau Moderna tidak efektif melawan varian delta.

"Semua vaksin yang saat ini ada di Indonesia sudah melalui kajian dari BPOM dan sudah mendapatkan Persetujuan Penggunaan Dalam Kondisi Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) serta selalu dilakukan pengawasan," katanya.

2. Masyarakat tidak perlu berbondong-bondong mencari merek vaksin tertentu

Warga antre mengikuti vaksinasi COVID-19 massal di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu, 26 Juni 2021 (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Johnny meminta masyarakat tidak perlu berbondong-bondong mencari merek vaksin tertentu. Dia mengingatkan, menunda vaksinasi hanya karena merek akan membahayakan diri dan orang lain karena risiko sakit berat bila terkena COVID-19 akan semakin tinggi.

"Segera vaksin sebelum terlambat dan selalu disiplin protokol Kesehatan. Virus COVID-19 adalah ancaman yang nyata dan ada di mana saja. Vaksinasi penting untuk membuat diri kita terlindungi dan mengurangi risiko sakit berat apabila kelak terpapar COVID-19," tegas Johnny.

Baca Juga: Ini Efek Samping Vaksin Moderna, Disarankan Menyiapkan Paracetamol

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya