TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Epidemiolog UI Pandu Riono yang Kritis dan Vokal Soal COVID-19

Pandu kerap mengkritisi kebijakan pemerintah soal COVID-19

Dr. Pandu Riono dalam Ngobrol seru by IDN Times dengan tema "100 Hari Pandemik Global: Workshop Meliput COVID-19" (IDN Times/Besse Fadhilah)

Jakarta, IDN Times - Nama Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat dari Universitas Indonesia, Pandu Riono, menjadi sorotan sejak pandemik COVID-19 melanda Indonesia.

Pandu kerap mengkritisi kebijakan pemerintah dalam menangani wabah COVID-19 dengan ilmu yang dia miliki.

Sikapnya yang kritis di media sosial membuat akun Twitter diretas orang tidak dikenal pada Rabu (19/08/2020) malam. Lalu siapakah Pandu Riono?

Baca Juga: Akun Twitter Juru Wabah UI Pandu Riono Diretas, Gegara Terlalu Vokal?

1. Pandu merupakan pengajar dan staf senior di Universitas Indonesia

IDN Times/Universitas Indonesia

Dilansir laman staff.ui.ad, Dr. Pandu Riono adalah staf senior di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Departemen Biostatistik dan Kependudukan Universitas Indonesia.

Pandu merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, dan menerima gelar Magister Biostatistik dari University of Pittsburgh.

Sekarang ia mengkhususkan diri dalam pemodelan matematika HIV / AIDS, TB, IMS, HepB / C dan Jaringan Risiko Seksual untuk HIV dan IMS, serta Jaringan Risiko lain untuk Penyakit Menular yang Muncul. Minat ilmunya dalam Statistik Bayesian dan berurusan dengan masalah epidemiologi.

2. Pandu penerima berbagai beasiswa internasional

Akun instagram pandu.riono

Pandu pernah menerima beberapa beasiswa untuk belajar dan menghadiri Konferensi Internasional tentang masalah Kesehatan Masyarakat.

Ia adalah penerima Fogarty Fellowship untuk menyelesaikan PhD di UCLA pada 2001 dengan judul disertasi “Jaringan Seksual Antara Laki-Laki dan Epidemi PMS / HIV di Indonesia”.

Selain itu Pandu juga aktif terlibat dalam kegiatan regional yang terkait dengan Kelompok Kerja Analisis Perilaku Risiko.

Baca Juga: Pandu Riono: Harusnya Presiden yang Pimpin Penanggulangan COVID-19

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya