TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemdaprov Jawa Barat Luncurkan Sayembara Desa Digital 2023

Yuk, tingkatkan digitalisasi agar desa makin produktif! 

Peluncuran Sayembara Desa Digital 2023 secara virtual di Jabar Command Center, Kota Bandung (Dok. Pemdaprov Jabar)

Bandung, IDN Times - Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja meluncurkan Sayembara Desa Digital 2023 secara virtual di Jabar Command Center, Kota Bandung, Selasa (23/5/2023). Ia menjelaskan, 5312 desa di Jabar dapat berpartisipasi pada program digitalisasi desa.

Digelarnya sayembara ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Adapun pendaftaran Sayembara Desa Digital 2023 sudah dibuka dari tanggal 23 Mei hingga 8 Juni 2023.

Baca Juga: Sinergi Positif Pemprov Jabar dan Masyarakat Pangkas Pengangguran

1. Empat level Sayembara Desa Digital 2023

ilustrasi browsing internet (unsplash.com/@firmbee)

Setiawan menuturkan selain level 1.0, yakni infrastruktur dengan membangun jaringan internet di desa-desa, kehadiran literasi desa di level 2.0 juga penting untuk mendampingi masyarakat desa menggunakan internet dalam berkomunikasi dan mengakses informasi. Lalu di level 3.0, sayembara juga mengajak pelaku usaha dan BUMDes mengikuti program pelatihan terkait digital marketplace

Kemudian di level 4.0, penerapan teknologi digital akan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat desa secara mandiri dan berkelanjutan. Keempat hal ini akan menjadi fokus utama dalam sayembara desa digital tersebut.

2. Kelas digitalisasi desa yang terus naik

ilustrasi digitalisasi (pexels/pixabay)

Target utama dari Pemdaprov Jabar dalam menggelar sayembara ini adalah terus meningkatnya kelas digitalisasi desa secara bertahap. Setiawan meyakini, adaptasi digital yang semakin baik di desa akan meningkatkan produktivitas.

"Yang menarik, level tiga dan empat inilah yang kita inginkan dalam sayembara desa digital ini. Tentu saja puncaknya adalah meningkatkan produktivitas masyarakat desa secara mandiri dan berkelanjutan," ujarnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Raih Penghargaan dari PWI Jabar

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya