TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kemdikbud dan Pemprov Sulut Resmikan Gedung Baru Pulnustar di Sangihe

Kemdikbud juga mengapresiasi kemampuan Pulnustar di sana

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbud Wikan Sakarinto meresmikan gedung baru Politeknik Negeri Nusa Utara (Pulnustar) di Desa Taloarane I, Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Selasa (6/4)./Dok. Kemdikbud

Kepulauan Sangihe, IDN Times -- Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbud Wikan Sakarinto meresmikan gedung baru Politeknik Negeri Nusa Utara (Pulnustar) di Desa Taloarane I, Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Selasa (6/4). 

“Selamat atas fasilitas yang menurut saya kualitasnya sudah jauh lebih baik, walaupun berada di Provinsi Sulawesi Utara dan berada di daerah yang terluar dari Republik kita,” tutur Wikan.

Menurut Wikan, ini adalah wajah Indonesia yang akan melahirkan pemimpin-pemimpin Indonesia masa depan.

“Kita tunggu nanti bagaimana terobosan-terobosan dari kampus perbatasan NKRI ini,” ujarnya.

Wikan juga mengapresiasi politeknik yang tergolong muda ini karena mampu menjadi salah satu pionir dan menjadi pemimpin untuk sinergitas kooperatif. 

“Tidak hanya dengan sesama perguruan tinggi, tapi juga bagi semua elemen masyarakat yang ada di Kepulauan Sangihe, terlebih bagi bangsa dan negara Indonesia,” jelasnya.

 

Baca Juga: Kemdikbud Siapkan Bantuan Sertifikasi Kompetensi bagi Mahasiswa

1. Harapan Kemdikbud kepada Polnustar

Ilustrasi kegiatan belajar dan mengajar/Dok. Kemdikbud

Wikan berharap, Polnustar dapat menciptakan SDM yang unggul dari Sangihe. “Insyaallah ini akan menjadi legacy kita untuk Indonesia masa depan, yaitu pemimpin-pemimpin hebat Indonesia yang lahir dari Sangihe,” terangnya.

Tak ketinggalan, Wikan juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang turut bersama-sama meresmikan Polnustar di Sangihe. “Selamat atas capaian ini. Kami berterima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur,” tutur Wikan.

Baca Juga: Kemdikbud Luncurkan SMK Pusat Keunggulan, Nadiem Proyeksikan Hal Ini 

2. Masyarakat juga berperan atas berdirinya Polnustar

pixabay/rawpixel

Menurut Gubernur Olly, berdirinya Polnustar tak lepas dari peran serta dan semangat masyarakat Nusa Utara yang menginginkan pendidikan yang memadai di wilayah perbatasan Indonesia ini. 

“Semangat dari warga Nusa Utara pada saat itu memang menginginkan ada lembaga pendidikan yang representatif buat SDM yang ada di Nusa Utara,” ujarnya.

Olly menambahkan, guna menciptakan kualitas SDM yang baik, maka memerlukan fasilitas yang memadai. “Kalau cuma menciptakan pendidikan tanpa menyiapkan tempat untuk orang-orang yang kita didik, percuma,” ucapnya

Pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, kata Olly, memiliki misi yang sama, yakni bagaimana membangun dari pinggiran. 

“Karena tugas pemerintah adalah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meningkatkan SDM, sekaligus meningkatkan pendapatan,” jelasnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya