TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Asal Muasal Lahan Prabowo di Kaltim-Aceh Versi Hashim Djojohadikusumo

Lahan Prabowo itu aset perusahaan dengan sertifikat HGU

Instagram/@prestigeindonesia

Jakarta, IDN Times - Direktur Media dan Komunikasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, Hashim Djojohadikusumo, menceritakan asal muasal Prabowo mendapatkan lahan yang dikelolanya saat ini di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Aceh Tengah.

Ia menyebut, lahan itu merupakan aset yang diperoleh dari lelang Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) pada 2004 lalu.

Baca Juga: Sentil Lahan Prabowo di Debat Capres, Ini Sikap KPU Terhadap Jokowi

1. Hashim sebut lahan itu bagian dari aset yang diselamatkan Prabowo pada 2004

IDN Times/Fitria Madia

Lahan tersebut diperbincangkan publik setelah capres nomor urut 01 Joko “Jokowi” Widodo menyinggungnya dalam debat capres kedua, Minggu (17/2) lalu.

"Saya tahu persis bagaimana prosesnya, lahan yang disebut Jokowi itu adalah bagian dari aset-aset yang Prabowo selamatkan tahun 2004, itu dalam rangka lelang aset-aset BPPN," kata Hashim yang dikutip dari Antara, Rabu (20/2).

2. Lahan bukan milik pribadi Prabowo tapi aset perusahaan dengan sertifikat HGU

IDN Times/Indiana Malia

Klarifikasi Hashim itu untuk meluruskan pernyataan Jokowi soal kepemilikan ratusan ribu hektar lahan yang dikuasai oleh Prabowo.

Dia mengatakan, lahan itu bukan milik pribadi Prabowo melainkan aset perusahaan dengan sertifikat Hak Guna Usaha (HGU) terdiri dari hutan tanaman industri dan hak pengusahaan hutan.

3. Lahan merupakan milik negara yang diberikan kepada para pengusaha

IDN Times / Aan Pranata

Menurut adik kandung Prabowo itu, lahan yang saat ini berada di tangan mantan Danjen Kopassus tersebut, merupakan milik negara yang diberikan kepada para pengusaha untuk dikelola dengan jangka waktu tertentu dan bisa diperpanjang.

"Prabowo yang menyelamatkan dari kebangkrutan 2004 dan lahan itu semua bukan milik pribadi Prabowo," ujarnya.

Baca Juga: Daftar Tanah Milik Prabowo Menurut LHKPN

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya