TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Keren, Naskah Konsep Teks Proklamasi Sukarno Siap Dipamerkan di Istana

Naskah Konsep Teks Proklamasi sempat dibuang

Naskah Konsep Teks Proklamasi tulisan tangan asli Presiden pertama RI Sukarno. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jakarta, IDN Times - Perayaan HUT ke-75 RI sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat adanya pandemik COVID-19. Kendati, perayaannya tetap disambut meriah dengan berbagai penerapan protokol kesehatan.

Pemerintah juga akan menampilkan konsep berbeda pada perayaan HUT kali ini. Arsip yang menjadi saksi sejarah kemerdekaan Republik Indonesia, yakni naskah konsep teks proklamasi tulisan asli tangan Bung Karno yang disimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), turut dihadirkan pada upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana Negara pada 17 Agustus 2020.

Ini akan menjadi tradisi baru Indonesia, sama halnya dengan Sang Saka Merah Putih yang dijahit Fatwamati, yang selalu dihadirkan pada rangkaian kegiatan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara setiap tahunnya.

Baca Juga: Kisah Sukarno Berperan sebagai Perempuan Menawan dalam Pementasan

1. Naskah konsep teks proklamasi dibawa ke Istana negara hari ini

Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana Negara pada Kamis (13/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Pada 16 Agustus 2020, naskah konsep teks proklamasi tulisan tangan Bung Karno itu dibawa dari Depot Penyimpanan Arsip Statis ANRI di Jalan Ampera Raya nomor 7, Jakarta Selatan, ke Istana Negara oleh tim Sekretariat Presiden (Setpres) Kementerian Sekretariat Negara RI.

Direktur Preservasi ANRI Kandar menyerahkan langsung arsip bersejarah tersebut, untuk sementara waktu kepada Kepala Biro Umum Setpres Yudhi Wijayanto.

2. Penyerahan konsep teks proklamasi disaksikan ANRI dan Sekretariat Presiden

Penyerahan teks proklamasi tulisan tangan Bung Karno oleh ANRI kepada Setneg untuk upacara 17 Agustus 2020 (IDN Timee/Irfan Fathurohman)

Sebelum penyerahan dilakukan, terlebih dahulu dilakukan penandatanganan Berita Acara Penyerahan Sementara Naskah Konsep Teks Proklamasi Tulisan Tangan Bung Karno, oleh kedua belah pihak.

Adapun penyerahan arsip tersebut disaksikan secara langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala ANRI M Taufik serta Deputi Bidang Administrasi dan Pengelola Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani dan juga turut hadir Duta Arsip, Rieke Dyah Pitaloka.

Setelah selesai digunakan di Istana Negara untuk acara peringatan HUT ke-75 RI, arsip bersejarah tersebut akan kembali disimpan di ANRI.

Baca Juga: Kisah Sang Proklamator Ganti Nama sebelum Jadi Sukarno

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya