TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kebakaran di Kejaksaan Agung, Polisi Periksa Saksi dan Amankan CCTV

Gedung Kejagung akan dijaga ratusan polisi

Suasana di depan Gedung Kejaksaan Agung RI setelah semalam dilalap api pada Sabtu, 22 Agustus 2020. Terlihat banyak warga yang mendatangi gedung Kejagung hanya sekadar melihat kondisi pasca kebakaran (IDN Times/Aryodamar)

Jakarta, IDN Times - Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan, pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi dan mengamankan CCTV, untuk menyelidiki penyebab kebakaran basar di gedung utama Kejaksaan Agung (Kejagung RI) pada Sabtu 22 Agustus 2020.

"Ada beberapa orang yang dalam kapasitasnya diinterogasi dalam Berita Acara Interview untuk mengumpulkan berbagai macam keterangan," kata dia di depan Gedung Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (23/8/2020).

Baca Juga: Damkar: Dugaan Sementara Penyebab Kebakaran Kejagung Tunggu Puslabfor

1. Sejumlah saksi sudah diperiksa

Bendera Merah Putih ikut hangus akibat gedung Kejagung terbakar pada Sabtu (22/8/2020) (IDN Times/Aryodamar)

Tubagus mengatakan, ada sejumlah saksi yang diperiksa terkait kebakaran di Kejagung yang terjadi mulai Sabtu pukul 19.10 WIB. Diharapkan para saksi dapat membantu penyelidikan kepolisian.

"Ada dari Pamdal, ada dari pekerja di sini, juga internal Kejaksaan Agung untuk mengetahui blueprint bangunan yang dibutuhkan dalam pemeriksaan," kata dia.

2. Kepolisian langsung mengamankan CCTV

Keadaan Gedung Kejaksaan Agung Setelah Semalaman Dilalah Api pada Sabtu, 22 Agustus 2020 (IDN Times/Aryodamar)

Selain itu, kepolisian juga telah mengamankan CCTV di lokasi kejadian. Diharapkan, rekaman kamera pengintai itu dapat menjadi petunjuk Pusat Laboratorium dan Forensik (Puslabfor) serta Inafis untuk mengungkap penyebab kebakaran ini.

"Ada CCTV yang sudah diamankan, tapi hasilnya belum bisa kita lihat. Tadi yang pertama diamankan tim adalah CCTV," kata Tubagus.

3. Ratusan personel polisi akan menjaga gedung Kejagung yang terbakar

Keadaan Gedung Kejaksaan Agung Setelah Semalaman dilalap Api pada Sabtu, 22 Agustus 2020 (IDN Times/Aryodamar)

Untuk sementara waktu, ratusan personel Polres Metro Jakarta Selatan akan dikerahkan untuk menjaga gedung yang terbakar. Namun, jumlahnya akan terus berkembang sesuai kebutuhan di lokasi.

"Yang menjaga gedung ini nanti akan ditindaklanjuti Kapolres Jakarta Selatan, mungkin melibatkan sekitar 150-an personel," kata Tubagus.

Baca Juga: Ungkap Penyebab Kebakaran, Polisi Olah TKP di Kejagung Siang Ini

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya