TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPK Sebut Bupati Penajam Diduga Terima Uang dari Banyak Sumber

KPK sempat sebut Abdul Gafur bisa dijerat pencucian uang 

Bupati Penajam Paser Utara nonaktif Abdul Gafur Masud (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud (AGM) yang menjadi tersangka dugaan korupsi. Ia diperiksa terkait dugaan adanya aliran dana yang diterima dari berbagai pihak.

"Tim Penyidik masih melakukan pendalaman dari keterangan tersangka AGM antara lain terkait dengan dugaan penerimaan sejumlah uang dari berbagai sumber serta dikonfirmasi lebih lanjut peruntukkan dan aliran uang tersebut," ujar Plt Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: KPK Sebut Bupati Penajam Berpotensi Terjerat Pencucian Uang

1. Berkas perkara Abdul Gafur sudah masuk prapenuntutan

PLT Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Ali menjelaskan bahwa berkas perkara kasus Abdul Gafur sudah masuk ke tahap prapenuntutan. Ia memastikan berkas itu akan diserahkan ke Jaksa dalam waktu dekat.

"Berkas perkara sudah pada tahap prapenuntutan dan setelahnya segera dilakukan penyerahan baik tersangka maupun barang bukti dari penyidik kepada tim Jaksa KPK," ujarnya.

2. Abdul Gafur kena OTT KPK di mal

Bupati Penajam Paser Utara nonaktif Abdul Gafur Masud (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Abdul Gafur menjadi tersangka dan ditahan setelah kena OTT KPK pada Rabu, 12 Januari 2022. KPK menangkap AGM dan enam pihak lainnya ketika berada di lobby mal di kawasan Jakarta Selatan.

Ketika ditangkap, KPK menemukan uang tunai di dalam koper senilai total Rp1 miliar. Uang itu diduga milik AGM yang berasal dari penyuap yang kini telah disita.

KPK turut menyita rekening bank milik Nur senilai Rp447 juta yang diduga milik Abdul Gafur yang berasal dari para rekanan. Tak hanya itu, KPK juga menyita sejumlah barang bermerk mewah yang ditemukan saat OTT.

Baca Juga: KPK Periksa Istri Bupati Penajam Terkait Transaksi Keuangannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya