TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sambut May Day, Rieke dan Serikat Buruh Sampaikan 5 Mandat untuk Jokowi

Sebanyak 50.000 buruh siap turun ke jalan

IDN Times/Gregorius Aryodamar Pranandito

Jakarta, IDN Times - May Day atau Hari Buruh Internasional akan segera berlangsung. Aktivis buruh dan perempuan Rieke Dyah Pitaloka bersama enam organisasi pekerja Indonesia, pun mendeklarasikan Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia (KRPI) di Cikini, Jakarta Pusat hari ini.

Keempat organisasi buruh itu yakni Forum Pekerja Pos Logistik Indonesia (FPPLI), Federasi Pekerja Pelabuhan Indonesia (FPPI), Komite Nusantara Aparatur Sipil Negara (KNASN), Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI), Federasi Serikat Buruh Indonesia (FSBI), dan Forum Honorer Kategori Dua Indonesia (FHK2I).

Baca juga: Choirul Mahpuduah, Aktivis Buruh yang Jadi Penggagas Kampung Kue

1. KRPI satukan semua pekerja di berbagai sektor pekerjaan

IDN Times/Gregorius Aryodamar Pranandito

Rieke menjelaskan salah satu alasan bergabungnya enam organisasi buruh tersebut adalah, untuk menyatukan semua pekerja dari berbagai bidang.

"Kami menyadari jika tidak mungkin ada pemasukan yang baik untuk negara kalau tidak ada industri yang baik, untuk itu kami bergabung," ujar politikus PDIP itu, Minggu (29/4). 

2. Sebanyak 50.000 buruh akan turut karnaval budaya dan menyampaikan aspirasinya saat May Day

IDN Times/Gregorius Aryodamar Pranandito

Pemeran utama Oneng dalam sinetron komedi Bajaj Bajuri itu menjelaskan, KRPI akan melakukan longmarch dari Patung Kuda ke Istana Negara dan karnaval budaya, pada Hari Buruh Internasional nanti.

"Rencananya kami akan lakukan karnaval budaya dengan berjalan pada 1 Mei 2018 dengan berjalan dari Patung Kuda ke Istana Negara, kemudian kami akan lakukan deklarasi di sana, kurang lebih ada 50 ribu peserta yang hadir," ucap Rieke.

Menurut Rieke KRPI masih membuka kesempatan bagi siapa saja pekerja yang ingin terlibat dalam aksi May Day yang dilakukan pada 1 Mei mendatang.

Baca juga: 'Lautan' Buruh Diperkirakan Penuhi Ibu Kota pada 1 Mei

 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya