TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Luhut Bicara soal Peluang Warga Boleh Lepas Masker usai Divaksinasi

Warga AS Sudah Direstui Lepas Masker Usai Vaksinasi

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Jakarta, IDN Times - Warga Amerika Serikat (AS) sudah diizinkan untuk tidak memakai masker usai divaksinasi. Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden AS, Joe Biden saat memaparkan kemajuan vaksinasi COVID-19 di Negeri Paman Sam.

Saat ini, Indonesia sudah menjalani vaksinasi COVID-19. Mungkinkah diizinkan untuk lepas makser saat di luar rumah?

"Ya ndak usah, kita biarin aja pake masker, udara kita jorok," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Senin (31/5/2021).

Baca Juga: Warga Korsel yang Sudah Vaksinasi Bakal Tak Wajib Pakai Masker

1. Pakai masker tak ada ruginya

Ilustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Luhut menyebut bahwa menggunakan masker tidak memberi kerugian bagi penggunanya. Meski demikian, melepas masker tetap diizinkan pada kondisi tertentu.

"Kan gak ada ruginya juga (pakai masker), foto buka bentar, makan buka bentar, kalo kumpul pake (maskernya lagi), ya apa sih, paling kalau kau pacaran ya buka," ucapnya.

Baca Juga: Potret Limbah Medis Vaksinasi Berserakan di Lokasi Vaksinasi di Banten

2. Warga AS direstui lepas masker usai vaksinasi

Seorang sukarelawan meletakkan bendera Amerika mewakili beberapa dari 200.000 nyawa yang hilang di Amerika Serikat dalam pandemi penyakit virus korona (COVID-19) di National Mall, Washington, Amerika Serikat, Selasa (22/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Joshua Roberts)

Diberitakan sebelumnya, pada akhir April 2021, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengumumkan kabar baik. CDC mengatakan warga Amerika yang sudah divaksinasi penuh boleh melepas masker di tengah pertemuan kecil di luar ruangan. Masker juga dapat dilepas saat makan di luar dengan teman-teman dari banyak keluarga.

Namun CDC mengimbau orang-orang yang belum divaksinasi untuk tetap memakai masker pada pertemuan semacam itu.

“Jika Anda telah divaksinasi penuh dan ingin menghadiri pertemuan kecil di luar ruangan dengan orang-orang yang divaksinasi dan tidak divaksinasi, atau makan malam di restoran luar ruangan dengan teman-teman dari berbagai rumah, ilmu pengetahuan menunjukkan jika Anda divaksinasi, Anda dapat melakukannya dengan aman tanpa masker,” kata Direktur CDC Dr. Rochelle Walensky selama briefing virtual di Gedung Putih, Selasa.

“Umumnya, bagi orang yang divaksinasi, aktivitas di luar ruangan tanpa masker aman. Namun, kami terus merekomendasikan penggunaan masker di tempat dan tempat luar ruangan yang ramai, seperti stadion dan konser yang padat di mana ada penurunan kemampuan untuk menjaga jarak fisik dan di mana banyak orang yang tidak divaksinasi mungkin juga hadir,” tambah Walensky. “Kami akan terus merekomendasikan ini sampai vaksinasi secara luas tercapai.”

 

Baca Juga: Dear Pak Anies, Tingkat Kepatuhan Warga DKI Pakai Masker Rendah Nih!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya