Dear Pak Anies, Tingkat Kepatuhan Warga DKI Pakai Masker Rendah Nih!

Tingkat kepatuhan bermasker di Sumatra Utara juga rendah

Jakarta, IDN Times - Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Naisonal (KPCPEN), Airlangga Hartarto mengumumkan tingkat kepatuhan bermasker di sejumlah wilayah di Indonesia. Hal ini sesuai dengan arahan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Hasilnya, Jawa Timur dan Bali menjadi wilayah dengan tingkat kepatuhan tertinggi, yakni masing-masing sebesar 87 persen dan 88,89 persen.

"Jawa Barat (73 persen), Jawa Tengah (75 persen), Riau 67 persen, Kepri 70 persen," kata Airlangga dalam konferensi pers virtual di channel Youtube Sekretariat Presiden, Senin (24/5/2021).

1. DKI Jakarta dan Sumatra Utara jadi wilayah dengan tingkat kepatuhan rendah

Dear Pak Anies, Tingkat Kepatuhan Warga DKI Pakai Masker Rendah Nih!Warga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama)

Sementara itu, DKI Jakarta dan Sumatra Utara menjadi wilayah dengan tingkat kepatuhan yang rendah. Wilayah yang dipimpin oleh Anies Baswedan ini mencatatkan tingkat kepatuhan sebesar 65 persen.

Sementara itu, Sumatra Utara mencatatkan tingkat kepatuhan yang lebih rendah, yakni 62,76 persen. Hal ini tentu menjadi catatan bagi Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi.

"Jadi DKI (Jakarta) masih perlu ditingkatkan (kepatuhan bermaskernya). Memang yang di bawah 70 persen tingkat aktifnya tinggi," tutur Airlangga.

 

Baca Juga: Kebijakan PPKM Mikro Akan Berlaku di Seluruh Provinsi Mulai 1-14 Juni

2. Ada 5 provinsi penyumbang tertinggi kasus COVID-19

Dear Pak Anies, Tingkat Kepatuhan Warga DKI Pakai Masker Rendah Nih!Pedagang yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus Corona, di kawasan Tebet, Jakarta, Selasa (8/9/2020). ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat

Pada tingkat wilayah, lanjut Airlangga, kasus COVID-19 tertinggi masih disumbangkan oleh Pulau Jawa, yakni sebesar 56,4 persen dan sebanyak 21,3 persen di Pulau Sumatra.

Sementara itu, Jawa Barat, DKI Jakarta, Papua, Jawa Tengah dan Riau menjadi provinsi yang berkontribusi terhadap 65 persen kasus aktif COVID-19 .

"Dari kasus aktif di Jawa Barat mencapai 31,4 persen menjadi perhatian," ujarnya.

3. Seluruh provinsi bakal diberlakukan kebijakan PPKM mikro

Dear Pak Anies, Tingkat Kepatuhan Warga DKI Pakai Masker Rendah Nih!Pemprov DKI Jakarta mulai Sabtu (13/3/2021) kembali membuka 24 taman kota, Taman Margasatwa Ragunan, serta tiga hutan kota dengan penerapan protokol kesehatan ketat di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Mantan Menteri Perindustrian ini juga memastikan bahwa kebijakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro akan diperpanjang dan diperluas.

Pada masa perpanjangan selanjutnya, kebijakan PPKM mikro akan berlaku di seluruh provinsi.

“Oleh karena itu PPKM mirko tahap selanjutnya 1 sampai 14 Juni mendatang maka Gorontalo, Maluku dan Maluku Utara diikutsertakan. Ditambah Sulawesi Barat,” imbuh dia.

 

Baca Juga: Protokol Kesehatan Mulai Kendor, Jokowi: ke Mana Pun Pakai Masker 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya