TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Protokol yang Diterapkan Masjid Agung Lamongan saat Salat Iduladha

Sediakan kantung plastik hingga masker

Masjid Agung Lamongan. IDN Times/Imron

Lamongan, IDN Times - Pengurus Masjid Agung Lamongan akan membagikan 3.000 lebih kantong plastik saat pelaksanaan salat Iduladha. Kantong plastik itu akan dipakai untuk menyimpan sandal para jemaah supaya tidak terjadi kerumunan saat meninggalkan masjid.

1. Jumlah jemaah dibatasi 3.000 orang

Masjid Agung Lamongan. IDN Times/Imron

Masjid yang berlokasi di tengah jantung Kabupaten Lamongan tersebut sebenarnya bisa menampung jemaah sebanyak 6.000 orang. Namun karena pandemik COVID-19, kapasitas jemaah salat Iduladha akan dibatasi menjadi 3.000 orang.

"Sudah kami persiapkan protokol kesehatan secara ketat, termasuk pada saat pelaksanaan salat Iduladha nanti. Sebagai antisipasi membludaknya jemaah, kami akan tambah kantong plastik. Ini berkaca pada pengalaman Hari Raya Idulfitri lalu, jemaah membludak hingga alun-alun," jelas Ketua Gugus Tugas COVID-19 Masjid Agung Lamongan Tsalits Fahami, Jumat (24/7/2020).

Baca Juga: Masjid Al Akbar Hanya Sediakan Kuota 5 Ribu Jemaah Salat Iduladha

2. Sediakan ribuan masker gratis bagi jamaah  

Masjid Agung Lamongan. IDN Times/Imron

Nantinya, petugas akan mengecek suhu tubuh jemaah sebelum masuk masjid. Selain itu, pengurus masjid akan menyiapkan ribuan masker. Sebagai antisipasi jika ada jemaah yang lupa membawa masker. Selain itu, para jemaah juga diharuskan untuk menjaga kebersihan tangan, baik mencuci dengan mengunakan air dan sabun, maupun hand sanitizer. "Kami nanti akan siapkan tisu dan masker," jelasnya

3. Pembersihan dilakukan dua kali sehari

Petugas kebersihan masjid menyemprotkan cairan disinfektan. IDN Times/Imron

Sejak adanya virus corona, kebersihan masjid agung terus dijaga. Petugas menyemprotkan cairan disinfektan dua kali sehari, pukul 08.00 dan pukul 16.00 atau setelah selesai salat Ashar.

"Kami pel lantainya dua kali sehari. Alhamdulillah untuk cairan disinfektan kami juga mendapatkan bantuan," katanya.

Baca Juga: Wali Kota Malang Terbitkan SE, Panitia Kurban Wajib Patuhi Ini   

Verified Writer

Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya