TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Februari Jadi Puncak Hujan, Waspada Peningkatan Bencana

Masyarakat diimbau waspada dan siap siaga

Ilustrasi bencana erupsi gunung berapi. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Jakarta, IDN Times - Bulan Januari umumnya adalah puncak musim penghujan di sebagian besar wilayah Indonesia. Itu menjadi puncak kejadian bencana, khususnya bencana banjir longsor dan puting beliung. Namun, pada Januari 2018 terjadi anomali.

"Curah hujan yang turun jauh di bawah normal. Sebaran dan intensitas hujan tidak seperti biasanya sehingga kejadian bencana hidrometeorologi berkurang signifikan selama Januari 2018. Adanya pengaruh global dan regional telah menyebabkan curah hujan berkurang," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Kamis (1/2).

1. Februari 2018 diprediksi menjadi puncak hujan

Zabur Karuru/ANTARA

Puncak hujan diperkirakan akan berlangsung pada Februari 2018. Potensi banjir, longsor dan puting beliung akan makin meningkat. Masyarakat diimbau untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi banjir, longsor dan puting beliung. Peta bencana seluruh wilayah di Indonesia juga dapat diakses di inarisk.bnpb.go.id.

Baca: Bumi 'Mengamuk', 7 Bencana Ini Terjadi Sepanjang 2017

2. Puting beliung bencana terbanyak sepanjang Januari 2018

IDN Times/Sukma Shakti

Puting beliung adalah bencana yang paling banyak terjadi selama Januari 2018 yaitu sebanyak 90 kejadian, kemudian banjir 53 kejadian dan longsor 51 kejadian. Bencana ini tersebar di 23 provinsi dan 105 kabupaten/kota. Sementara itu, terdapat 204 kejadian bencana yang menyebabkan 19 orang meninggal dunia, 48 orang luka-luka, 111.644 jiwa mengungsi dan menderita, 9.291 rumah rusak, dan 57 unit fasilitas publik rusak.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya