TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jabatan Presiden 3 Periode, Lokataru: Pernyataan Jokowi Kayak Cuaca

Pernyataan Presiden Jokowi dinilai kerap berubah-ubah

Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta, IDN Times - Pernyataan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dinilai kerap berubah seperti cuaca. Direktur Eksekutif Kantor Hukum Lokataru Haris Azhar mengatakan, sudah ada agenda lain di lapangan kendati Jokowi menyatakan tidak minat menjabat lagi.

“Ada yang tidak sinkron antara pernyataan Presiden dengan proses politik yang terjadi. Dia nanti mungkin akan menolak tapi akan tetap didaulat," ungkap Haris dalam acara Mata Najwa di Trans7, Rabu (17/3/2021).

Baca Juga: Mahfud MD: Ubah Jabatan 3 Periode Wewenang MPR, Bukan Presiden

1. Jokowi merepresentasikan lembaga kepresidenan

IDN Times/Margith Juita Damanik

Menurut Haris, Jokowi harus paham bahwa dia merepresentasikan lembaga kepresidenan. Lembaga tersebut harus bisa diuji dan dipertarungkan.

"Harusnya dia memastikan, ada agenda sampai 2025, memastikan semua bisa berpartisipasi dalam pembangun-pembangunan," kata dia.

2. Fadjroel yakin pernyataan Jokowi bisa dipegang

IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Pernyataan Haris Azhar sontak dibantah oleh Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman. Menurut dia, pernyataan Jokowi dapat dipertanggungjawabkan.

"Tidak benar itu. Kita pegang pernyataan Presiden Jokowi sebagai kepala pemerintahan. Bukan spekulasi liar seperti yang dikatakan Haris Azhar,” kata Fadjroel.

Baca Juga: Arief Poyuono Klaim 85 Persen Rakyat Setuju Presiden 3 Periode

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya