TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

2 Anggota TNI Korban Penembakan KKB di Suru-suru Papua Dievakuasi

Terdapat satu anggota TNI yang meninggal dunia

Ilustrasi - Korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dibawa menggunakan truk menuju pesawat saat evakuasi di Intan Jaya, Papua, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/Humas Polda Papua)

Jakarta, IDN Times - Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Arm Reza, mengatakan dua anggota TNI korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Suru-suru, Yahukimo, Papua, telah dievakuasi. Proses evakuasi ke RSUD Dekai dilakukan menggunakan Helikopter, Sabtu (20/11/2021) pukul 18.00 WIT.

Direncanakan, Minggu (21/11/2021), kedua korban dibawa menuju Jayapura untuk mendapatkan perawatan lebih intensif.

“Mohon doa dari kita semua agar aparat TNI Polri yang bertugas selalu diberikan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan Bumi Cenderawasih semakin kondusif sehingga pembangunan dapat berjalan dengan lancar,” ujar Reza kepada IDN Times, Minggu (21/11/2021).

Baca Juga: KKB Serang Koramil Suru-suru Yahukimo, Satu Prajurit Tewas Tertembak

1. Seorang personel TNI meninggal dunia

Ilustrasi jenazah (ANTARA FOTO/Sevianto Pakiding)

Reza mengungkapkan penyerangan Komando Rayon Militer (Koramil) Suru-suru itu terjadi pada Sabtu (20/11/2021) pukul 06.00 WIT. Akibatnya, dua orang anggota TNI menjadi korban, salah satu di antaranya meninggal dunia.

“Telah terjadi aksi penembakan oleh Kelompok Separatis Teroris (KST) terhadap personel Satuan BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil Persiapan Suru-Suru,” kata dia.

2. Kedua anggota TNI diserang saat akan berbelanja

Aksi baku tembak antara aparat TNI/Polri rombongan Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri dan tim Yonif Raider 762 dengan anggota KKB pada 5 September 2021. (Dokumentasi Istimewa)

Peristiwa penyerangan, kata dia, bermula ketika beberapa anggota Satuan BKO Apter Koramil Persiapan Suru-Suru berangkat dari Koramil untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di kios terdekat. Perjalanan belanja tersebut menggunakan speed boat.

“Dalam perjalanan tersebut, tiba-tiba ditembak oleh KST dari arah seberang sungai yang mengakibatkan satu anggota meninggal dunia dan satu anggota luka-luka,” ujar Reza.

Baca Juga: Baku Tembak Satgas Nemangkawi dengan KKB Kembali Terjadi di Intan Jaya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya