TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Buruh Siap Demo di DPR RI Sebelum Aksi May Day Fiesta di GBK Besok

Ada 50 ribu buruh akan memadati GBK sejak pagi hari!

Massa buruh melakukan demo menuntut kenaikan UMP 2022 pada Rabu (8/12/2021). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jakarta, IDN Times - Partai Buruh bersama Gerakan Buruh Indonesia (GBI) akan menggelar demonstrasi di depan gedung DPR RI, sebelum aksi May Day Firsta di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (14/5/2022).

“Dua kegiatan itu adalah, pertama, pada jam 10.00-12.00 WIB dilakukan aksi unjuk rasa di DPR RI. Sedangkan yang kedua, pada jam 13.00-17.30 WIB berupa May Day Fiesta di GBK,” kata Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga: Serikat Buruh Internasional Ikut Orasi di May Day Fiesta GBK Besok

1. Aksi akan dihadiri 50 ribu buruh

Ilustrasi buruh atau pekerja saat demonstrasi. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Semula, kata Iqbal, aksi May Day Fiesta direncanakan dihadiri 100 ribu buruh. Namun karena pembatasan protokol kesehatan, aksi ini hanya akan dihadiri 50 ribu buruh.

Selain di Jakarta, aksi juga dilakukan serempak di berbagai daerah. Di antaranya 20 ribu buruh di Surabaya, lima ribu buruh di Semarang, 15 ribu buruh di Batam, lima ribu buruh di Medan, dan puluhan ribu buruh lainnya yang tersebar di kota-kota industri.

“Seperti Yogyakarta, Aceh, Padang, Bengkulu, Riau, Lampung, Sulawesi, Makasar, Gorontalo, Morowali, Kendari, Bitung, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Maluku, Mataram, Ternate, dan beberapa kota industri lainnya," ujar Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) ini.

Baca Juga: Polisi: May Day Fiesta Dihadiri 60 Ribu Buruh dengan 20 Ribu Bus 

2. Serikat buruh internasional juga akan ikut berorasi di May Day Fiesta

Massa buruh melakukan demo menuntut kenaikan UMP 2022 pada Rabu (8/12/2021). (IDN Times/Athif Aiman)

Iqbal mengatakan, May Day Fiesta akan diisi orasi dari serikat buruh internasional dan Partai Buruh dari negara lain.

“Dari serikat buruh Internasional adalah Sekjend ITUC Sharan Burraw, Sekjend ITUC AP Shoya Yoshida, Presiden DGB, Konfederasi Serikat Buruh Brasil, Konfederasi Serikat Buruh Australia, Konfederasi Serikat Buruh Finlandia,” kata dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya