TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kerahkan 60 Personel, TPNPB-OPM Klaim Kuasai Bandara Sugapa Papua 

TPNPB-OPM sebut perang masih berlangsung

TPNPB-OPM serang Bandara Sugapa, Intan Jaya, Papua. (Dok.TPNPB-OPM).

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom mengonfirmasi penyerangan di kawasan Bandara Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Jumat (29/10/2021) pukul 16.00 WIT.

Sebby membenarkan TPNPB-OPM membakar Kantor Airnav yang berada di kawasan Bandara Sugapa.

“Ya benar (TPNPB-OPM menyerang) dan perang akan berlanjut. Bandara Intan Jaya dikuasai oleh pasukan TPNPB-OPM, dan perang masih berlangsung,” kata Sebby kepada IDN Times, Jumat malam.

Baca Juga: KKB Bakar Kantor Airnav Bandara Sugapa Papua, Warga Lari Ketakutan

1. Serangan TPNPB-OPM merupakan serangan balasan

TPNPB-OPM klaim TNI-Polri jatuhkan bom mortir ke perkampungan di Distrik Kiworok. (Dok. TPNPB-OPM)

Sebby menjelaskan, baku tembak antara TPNPB-OPM dengan TNI-Polri sudah berlangsung sejak 24 Oktober 2021. Serangan kali ini merupakan balasan terhadap TNI-Polri yang disebut telah menerjunkan tujuh bom mortir ke markas TPNPB-OPM pada 14 Oktober.

“Selain menjatuhkam bom ke Markas TPNPB-OPM, TNI-Polri juga menjatuhkan 42 bom ke empat perkampungan, yakni Kampung Pelebip, Kiwi, Delpem, dan Lolim di wilayah Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua,” ujar Sebby.

2. Disebutkan seorang warga sipil dan 4 anggota TNI-Polri tewas

Juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM) Sebby Sambom. (dok. TPNPB-OPM)

Dalam serangan kali ini, TPNPB-OPM mengerahkan 60 personel untuk menguasai Intan Jaya. Dalam serangan hari ini, kata Sebby, seorang warga sipil tewas dan seorang lainnya mengalami luka-luka.

“Serangan hari ini terjadi di Kampung Ondomo, pukul 7 pagi pasukan TNI-Polri telah kasih turun bom di permukiman warga sipil, Nopelinus Sondegau tewas dan satu masyarakat luka-luka,” ujar Sebby.

Dia juga mengklaim 4 anggota TNI-Polri tewas dalam peristiwa itu. "Empat orang pasukan anggota TNI-Polri tewas tertembak peluru pasukan TPNPB di Bandara Intan Jaya,” sambungnya.

Baca Juga: Kontak Tembak TNI-Polri dengan KKB di Kiwirok Papua Kembali Terjadi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya