TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Operasi Patuh Jaya 2021 Sasar Knalpot Bising hingga Balap Liar

Ops Patuh Jaya digelar mulai hari ini sampai 3 Oktober

Ilustrasi penertiban knalpot bising. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya yang berlaku selama 14 hari mulai Senin (20/9/2021) hingga Minggu (3/10/2021). Operasi ini akan melibatkan 3.070 personel guna meningkatkan kedisiplinan masyarakat.  

Dalam operasi ini, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan menyasar pada polusi suara yang mengganggu kenyamanan masyarakat sehingga mengganggu konsentrasi pengendara.

“Saya perintahkan semua jajaran untuk secara humanis, melakukan penindakan kepada pelanggaran knalpot bising” kata ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol, Fadil Imran di Polda Metro, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Polda Metro Jaya Gelar Operasi Patuh Jaya Hari Ini hingga 3 Oktober

Baca Juga: Polisi Selidiki Penembakan Ustaz di Tangerang, Begini Kronologinya

1. Polisi juga akan menindak pengguna rotator

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran (ANTARA Jatim/Willy Irawan)

Fadil menjelaskan, polusi suara bisa mengganggu konsentrasi sehingga dapat menimbulkan kecelakaan. Polusi suara juga menjadi awal perbuatan pidana karena ketersinggungan sehingga bisa terjadi perkelahian atau penganiayaan.

“Kedua adalah pelanggaran penggunaan lampu rotator yang tidak sesuai atau peruntukanya. Berikan edukasi pemahaman bahwa penggunaan lampu rotator ada ketentuannya,” ujar Fadil.

2. Polisi sasar balap liar yang menimbulkan kerumunan

Polisi menangkap puluhan orang pembalap dan pentonton balap liar di Makassar/Polrestabes Makassar

Selain knalpot bising dan rotator, Operasi Patuh Jaya 2021 oleh Ditlantas Polda Metro juga menyasar balap liar. Gunanya, agar tidak terjadi kerumunan akibat balap liar.


“Risiko kecelakaan lalin dan risiko penularan karena kerumunan akibat balapan liar perlu kita urai bersama agar Ibu Kota ini semakin aman, semakin nyaman, khususnya di malam hari pada minggu weekend,” kata Fadil.

Baca Juga: Holywings Kemang Kena Razia, Ternyata Sudah Berulang Kali

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya