TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pesan Din Syamsuddin untuk Tim Kampanye Pilpres: Jangan Jorjoran!

Ujaran kebencian di dunia maya membuat Din prihatin

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jakarta, IDN Times - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengimbau para tim sukses dari kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden pada periode kampanye Pilpres 2019 untuk tidak melampaui batas saat berkampanye untuk menjaga perdamaian.

"Kami pesankan ke pendukung dan tim sukses masing-masing kubu, jangan 'jorjoran' melampaui batas. Marilah Pilpres, sebagai agenda demokrasi ini, yang kita maksudkan sebagai cara beradab untuk menghindari ketidakberadaban," kata Din seperti dilansir dari Antara, Selasa (25/9).

1. Din prihatin dengan perkembangan politik nasional

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Presiden Konferensi Agama-agama Se-Asia untuk Kerja Sama Perdamaian itu menyampaikan dirinya prihatin dengan perkembangan politik nasional yang banyak menampilkan pertentangan melalui media sosial.

Din yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat menilai banyak sebaran ujaran kebencian dan gesekan di lapangan yang terjadi dalam pemilihan umum.

Baca Juga: Jokowi Cuma Kampanye di Hari Libur, Tim Pemenangan Merasa Berat

2. Din berharap capres cawapres jadi penengah

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dia juga mengusulkan agar kedua pasangan capres dan cawapres untuk menjadi penengah di tengah perbedaan pilihan politik.

"Terutama timses di tingkat pusat dan media terutama, menjadi kekuatan penengah," kata Din.

Baca Juga: Demi Netralitas, Din Syamsuddin Mengundurkan Diri dari Istana

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya