TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polri: Dokter Lois Owien Ditangkap karena Menyebarkan Hoaks COVID-19

Lois sebut korban COVID-19 meninggal karena interaksi obat

ilustrasi hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Jakarta, IDN Times - Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, dr Lois Owien ditangkap Polda Metro Jaya karena telah menyebar berita bohong atau hoaks terkait COVID-19 di media sosial.

“Dokter L telah menyebarkan berita bohong dan atau menyiarkan berita atau pun beritaan bohong dengan sengaja yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan rakyat dan atau menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah penyakit menular yang ia lakukan di beberapa platform media sosial,” kata Ramadhan dalam jumpa persnya secara virtual, Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Tidak Percaya COVID-19, Dokter Lois Owien Akan Dipanggil IDI dan MKEK

1. Dr Lois Owien sebut korban COVID-19 meninggal karena interaksi obat

Cuitan dr Lois Owien tentang COVID-19. (twitter.com/LsOwien)

Ramadhan menjelaskan, dr Lois di akun Twitter pribadinya @LsOwien kerap mengunggah konten-konten tentang ketidakpercayaannya terhadap COVID-19. Ia juga mengatakan, banyak korban jiwa meninggal bukan karena COVID-19 melainkan karena obat.

“Diakibatkan interaksi antar obat dan pemberian obat dalam enam macam. Jadi bukan hanya satu platform media sosial, tapi ada tiga platform media sosial yang telah dilakukan (pemeriksaan),” kata Ramadhan. 

2. Dr Lois menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya

Ilustrasi tahanan. IDN Times/Mardya Shakti

Dr Lois ditangkap Unit V Tindak Pidana Siber Ditkrimsus Polda Metro Jaya pada Minggu (11/7/2021) pukul 16.00 WIB. Adapun barang bukti yang diamankan berupa tangkapan layar atau screenshoot dari postingan di media sosial.

“Saat ini yang bersangkutan diamankan di Polda Metro Jaya untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar dia.

Baca Juga: Tak Percaya COVID-19 Dokter Lois Ditangkap, Diduga Langgar UU Wabah

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya