TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Teten Masduki Bantah Suntik Perusahaan Kaesang Rp200 Miliar

Rp200 miliar untuk pelatihan UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Jakarta, IDN Times - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki membantah telah membiayai PT Harapan Bangsa Kita yang dipimpin oleh Kaesang Pangarep. Sebelumnya, Kemenkop UKM dituding telah memberikan dana kepada perusahaan Kaesang sebesar Rp200 miliar.

“Memang kami terbuka dengan bantuan ini tapi tidak ada kami MOU kerjasama formal. Nah ini dihubung-hubungkan seolah terima duit 200 miliar padahal sebenarnya itu berbeda,” kata Teten di Program Ngobrol Asik by IDN Times, Kamis (23/4).

Baca Juga: Teten Masduki Ungkap Kriteria agar UMKM Bisa Naik Kelas 

1. Teten pastikan Kaesang tidak meminta proyek

Jokowi bersama Kaesang di depan Gedung Agung Yogyakarta, Senin (30/12). IDN Times/ Tunggul Kumoro

Hal tersebut mengklarifikasi berita tentang kedatangan anak bungsu Presiden Jokowi itu ke Kemenkop-UKM beberapa waktu lalu. Menurut Teten, kedatangan Kaesang ada hal wajar. Sebab, banyak inkubator yang datang ke kementeriannya untuk memberi gagasan memajukan UMKM.

“Mas Kaesang tidak minta kerja sama dan tidak minta proyek. Setahu saya anak Presiden tidak ada bisnis dengan pemerintah, tidak pernah minta proyek ke pemerintah,” kata Teten menegaskan.

2. Dana Rp200 miliar untuk pelatihan UMKM yang dialokasikan Kemenkeu

Menkop Teten Masduki dan Mendag Agus Suparmanto (IDN Times/Shemi)

Terkait adanya suntikan Rp200 miliar dari kementeriannya, Teten membenarkan. Namun, itu adalah dana untuk pelatihan UMKM yang dialokasikan langsung oleh Kementerian Keuangan ke provinsi dan kabupaten.

“Uangnya langsung ditransfer dari Kemenkeu tidak lewat kita jadi kamu tidak ada pembiayaan langsung. Sama sekali tidak benar (untuk perusahaan Kaesang),” ujarnya.

Baca Juga: Manfaatkan E-commerce, UMKM Ini Bisa Tetap Untung Saat Pandemi Covid-19

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya