TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Penumpang KRL yang Positif COVID-19 Bukan Warga Bogor

Ini sekaligus bukti bahwa KRL rawan penularan COVID-19

Sejumlah penumpang menggunakan masker dan duduk berjarak di dalam gerbong KRL Commuter Line, Stasiun Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). ANTARA/Arif Firmansyah

Jakarta, IDN Times - Penumpang KRL Bogor-Jakarta yang dinyatakan positif COVID-19 ternyata bukan warga Bogor. Hal ini telah disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor sekaligus Juru Bicara COVID-19 Kota Bogor Sri Nowo Retno.

"Tiga orang positif bukan warga Kota Bogor. Dua warga Jakarta dan satu dari Sukabumi," Kata dia kepada IDN Times, Selasa (5/5) malam.

Baca Juga: Patuhi PSBB, KCI Tak Berangkatkan KRL Jika Lebihi Kapasitas Penumpang

1. Sudah lakukan koordinasi dengan Dinkes Jakarta dan Sukabumi

Sejumlah penumpang berjalan di dekat gerbong KRL Commuter Line di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). ANTARA/Arif Firmansyah

Kini sebagai tindak lanjut, Retno mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pasien tentang hasilnya dan menyarankan mereka untuk menjalani perawatan ke rumah sakit serta sudah lakukan koordinasi dengan Dinas kesehatan (Dinkes) pasien terkait.

"Selanjutnya, kita informasikan harus isolasi ketat dan tentu kami berkoordinasi dengan Dinkes Jakarta dan Sukabumi untuk dilakukan contact tracing dan pemantauan perawatan kepada yang bersangkutan," ujarnya.

2. Bukti bahwa KRL tetap jadi potensi penyebaran virus

Petugas medis mengenakan alat pelindung diri lengkap (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Tiga kasus positif ini adalah hasil pengambilan sampel dari 325 penumpang KRL yang dipilih secara acak. Bagi Retno, hal ini membuktikan bahwa stasiun atau kereta merupakan salah satu tempat yang berpotensi menyebarkan COVID-19.

"Perlu dilakukan protokol COVID-19 secara ketat, antara lain physical distancing, jaga jarak, harus pakai masker, hand hygiene," sebutnya.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran COVID-19 di KRL, Kepadatan Antrean Harus Diatur

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya