TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Respons Kemenkes soal Perusakan RSUD Kaimana di Papua Barat

Warga marah diduga akibat kematian usai vaksinasi

RSUD Kaimana, Papua, digeruduk massa pada Selasa (7/12/2021) (Tangkapan layar video/Dok. Istimewa)

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan menjelaskan bahwa perusakan di RSUD Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat, oleh warga tengah ditangani pihak berwajib. Kabar perusakan RSUD Kaimana sebelumnya tersiar sebuah video yang merekam massa mendatangi dan melakukan perusakan di RSUD dan disinyalir terjadi akibat adanya kematian warga pasca-vaksinasi COVID-19.

IDN Times mengonfirmasi apakah benar ada seseorang yang meninggal karena vaksinasi COVID-19 kepada Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi. Namun, Nadia hanya menjawab terkait penanganan masalah perusakan RSUD.

"Ini sedang diselesaikan oleh pihak yang berwenang di sana ya," kata dia saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (7/12/2021).

Baca Juga: RSUD Kaimana Digeruduk Warga, Diduga Akibat Kematian Usai Vaksinasi

1. Minta warga lakukan komunikasi, bukan dengan kekerasan

dr. Siti Nadia Tarmizi M. Epid, Jubir Kemenkes untuk Vaksinasi (Youtube.com/KemkominfoTV)

Siti mengimbau agar masyarakat bisa menahan diri saat situasi pandemik COVID-19. Menurutnya penyampaian masalah kesehatan bisa dilakukan dengan jalur komunikasi dengan pihak terkait.

"Sebaiknya kita semua menahan diri di situasi pandemik ini demi kebaikan bersama. hal-hal yang perlu dikomunikasikan agar dibuka jalur komunikasi dengan pihak pihak terkait," kata dia.

2. RSUD Kaimana digeruduk warga

RSUD Kaimana, Papua, didatangi polisi usai digeruduk warga (Tangkapan layar video/Dok. Istimewa)

Beredar sebuah video yang merekam massa mendatangi dan melakukan perusakan di RSUD Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat, pada Selasa (7/12/2021) siang. Hal itu disinyalir terjadi akibat adanya kematian warga pasca-vaksinasi COVID-19. Salah seorang warga yang berada di dekat lokasi kejadian membenarkan adanya kejadian tersebut.

"Iya (benar). Saya pas lewat RSUD tadi," kata warga yang tak ingin disebutkan namanya, saat dikonfirmasi IDN Times.

Baca Juga: Syarat Perjalanan Jarak Jauh Saat Nataru, Sudah Vaksinasi Lengkap

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya