TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pratiwi Sudarmono, Calon Astronaut Perempuan Pertama Indonesia

Namun batal meluncur ke Antariksa

Spacefacts.de

Jakarta, IDN Times - Pratiwi Sudarmo adalah seorang ilmuwan Indonesia yang kini menjabat jadi profesor mikrobiologi di Universitas Indonesia, Jakarta.

Sejarah mencatat Pratiwi sebagai calon astronaut Indonesia pertama, pada Oktober 1985 dia terpilih untuk ambil bagian di misi Wahana Antariksa NASA STS-61-H sebagai Spesialis Muatan.

Baca Juga: Mengenal Istilah Femisida, Perempuan yang Dibunuh karena Dia Perempuan

1. Batal meluncur usai bencana Challenger

Potret calon astronaut Indonesia pertama, Pratiwi Sudarmono (spacefacts.info)

Namun, pada Januari 1986 ada bencana pesawat ulang alik Challenger di mana saat space Shuttle Challenger meledak 73 detik setelah diluncurkan dan menewaskan tujuh awak astronaut

Setelah bencana Challenger, pengiriman satelit komersial seperti Palapa B-3 milik Indonesia yang direncanakan pada misi STS-61-H ini dibatalkan, sehingga misi ini tidak pernah dijalankan.

Satelit tersebut kemudian diluncurkan dengan sebuah roket Delta.

2. Perempuan pertama dengan gelar doktor bidang kedokteran dari Jepang

Ilustrasi perkuliahan tatap muka terbatas (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Melansir dari ensiklopedia Jakarta, Pratiwi Sudarmono lahir Bandung 31 Juli 1952. Dia menempuh pendidikan tinggi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan meraih gelar dokter pada 1976.

Senang dengan penelitian laboratorium dia memilih profesi sebagai staf pengajar dan peneliti di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran UI.

Pada 1980 dia mendapat brevet keahlian di bidang mikrobiologi klinik dan di tahun yang ama dia melanjutkan studi dan penelitian di Research Institutefor Microbial Diseases, Osaka University, Jepang. Dia jadi wanita Indonesia pertama yang mendapat gelar doktor dalam bidang kedokteran dari Jepang.

Baca Juga: Komnas Perempuan dan Bareskrim Polri Bahas Pendataan Femisida

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya