TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rizieq Telah Ajukan Prapreadilan ke PN Jakarta Selatan

Sebagai upaya penegakkan hukum

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab tiba Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020) (ANTARA FOTO/Fauzan)

Jakarta, IDN Times - Kuasa Hukum pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Aziz Yanuar, mengatakan bahwa berkas gugatan praperadilan atas penetapan status tersangka pada Rizieq, sudah didaftarkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Alhamdulillah, hari ini Selasa, 15 desember 2020, Tim Advokasi HRS (Habib Rizieq Shihab) resmi mendaftarkan permohonan praperadilan atas penetapan tersangka dan penahanan yang dilakukan oleh pihak Kepolisian kepada IB HRS dengan nomor register 150/Pid.Pra/2020/PN.Jkt.Sel," kata Aziz kepada IDN Times, Selada (15/12/2020).

Baca Juga: Mahfud MD: Jika Negara Tak Mampu Tegakkan Keadilan, Tunggu Kehancuran

1. Kuasa hukum: praperadilan untuk tegakkan hukum dan berantas dugaan kriminalisasi ulama

Kuasa Hukum DPP FPI, Aziz Yanuar di Polda Metro Jaya (Dok. IDN Times/Istimewa)

Aziz mengatakan bahwa upaya hukum ini adalah upaya untuk menegakkan keadilan serta memberantas dugaan kriminalisasi ulama. Selain itu, menurutnya, ini adalah upaya untuk meruntuhkan dugaan adanya diskriminasi.

"Dugaan diskriminasi yang terus menerus diduga terjadi pada masyarakat. Terutama jika berlainan pendapat dengan pemerintah," kata dia.

2. Praperadilan disebut bentuk ikhtiar bela ulama

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (tengah) bersiap menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020). Rizieq Shihab tiba di Mapolda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan terkait kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta pada 14 November lalu. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Dia juga menyebut langkah peradilan ini sebagai "upaya yang elegan" dari pihaknya.

"Dan salah satu ikhtiar kami untuk membela kepentingan hukum ulama, habib dan imam besar kita IB HRS. Kami mohon doa dan dukungan para pecinta kebenaran dan tegaknya keadilan untuk mendukung," ujar dia.

Baca Juga: Rizieq Kirim Surat untuk Keluarga, Ini Isi Lengkapnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya