TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Titik Bencana Terjadi Bersamaan, Begini Reaksi Jokowi

Bencana alam terjadi di Kalsel, Sulbar dan Jabar

Pernyataan Presiden Jokowi tentang Bencana Banjir di Kalimantan Selatan, 15 Januari 2021 (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan. Hal ini menyambung sejumlah bencana alam yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia secara bersamaan sekarang ini.

"Karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir dan longsor, dan selalu memperhatikan peringatan dini dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)," tulis Jokowi di akun Instagramnya, @jokowi, Jumat, 15 Januari 2021 malam.

Baca Juga: Gempa M 6,2 Guncang Majene, Seorang Anak Terjebak Runtuhan Puing 

1. Jokowi perintahkan agar bantuan segera disalurkan ke masyarakat terdampak bencana

Kementerian Sosial menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Sulawesi Barat (Dok. Kemensos)

Jokowi mengaku sudah berbicara dengan Gubernur Kalimantan Selatan via telepon. Dia juga telah mendapatkan laporan mengenai banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan.

"Saya telah memerintahkan Kepala BNPB, Panglima TNI dan Kapolri untuk secepat-cepatnya mengirim bantuan, seperti perahu karet yang sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana banjir di daerah itu," ujar presiden.

2. Jokowi akan terus pantau perkembangan bencana

Kemensos dirikan posko darurat bencana banjir BRSPDM Budi Luhur Banjarbaru, Kecamatan Martapura, Kalimantan Selatan (Dok. Kemensos)

Jokowi menyebutkan akan terus memantau perkembangan bencana di Tanah Air. Baik bencana yang terjadi di wilayah Sulawesi Barat, Jawa Barat, maupun Kalimantan Selatan.

"Pemerintah daerah dan pemerintah pusat akan selalu hadir di lokasi bencana dalam situasi seperti ini," ujar presiden.

Baca Juga: Longsor di Sumedang, 16 Orang Menjadi Korban 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya