TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Eits, Masalah Kesehatan Jiwa Beda Lho dengan Gangguan Jiwa

Apa sih bedanya? Cari tahu yuk!

IDN Times/Margith Juita Damanik

Jakarta, IDN Times – Masalah kesehatan jiwa ternyata berbeda dengan gangguan kesehatan jiwa. Hal ini disampaikan oleh dokter spesialis kesehatan jiwa, Yaniar Mulyantii dalam acara diskusi dalam kegiatan “Hari Kesehatan Jiwa Sedunia”. 

"Permasalahan kesehatan jiwa di Indonesia masih menjadi tantangan tersendiri," ujar Yaniar di Aula RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Sabtu (12/10).

Baca Juga: Ribuan Warga Bantul Alami Gangguan Jiwa

1. Apa itu masalah kesehatan jiwa?

IDN Times/Margith Juita Damanik

Dia mengatakan tidak semua persoalan terkait kesehatan jiwa atau kesehatan mental tergolong dalam gangguan kesehatan jiwa. Yaniar menjelaskan masalah kesehatan jiwa umum terjadi dan bisa saja dialami oleh semua orang.

“Masalah kesehatan jiwa itu bisa ringan sampai berat hingga mengalami gangguan kesehatan jiwa,” kata Yaniar.

Menurut Yaniar, masalah kesehatan jiwa ialah jika masalah itu belum pada tahap mengganggu aktivitas dan fungsi seseorang sebagai manusia untuk menjalani keseharinnya.

2. Apa itu gangguan kesehatan jiwa?

glamourfame.com

Sedangkan gangguan kesehatan jiwa, terjadi jika permasalahan yang dihadapi sampai di tahap mengganggu aktivitas dan fungsi seseorang dalam menjalankan perannya sebagai manusia.

"Masalah-masalah kesehatan mental, jika dideteksi sejak awal dan ditangani dengan baik belum tentu akan menjadi gangguan," ujarnya.

Baca Juga: 10 Oktober Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Berikut Tema 6 Tahun Terakhir

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya