TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Desa di Mojokerto Kekeringan, 590 Tangki Air Disiapkan

Puncak musim kemarau diprediksi hingga Nopember

Kekeringa salah satu waduk Mojokerto. IDN Times/Dok Fad

Mojokerto, IDN Times - Menghadapi musim kemarau dan juga bencana kekeringan di sejumlah daerah yang terjadi hampir tiap tahun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto menganggarkan sebesar Rp225 juta untuk droping air bersih.

Setidaknya, jumlah tersebut diproyeksikan untuk 590 tangki air bersih yang bakal di distribusikan ke daerah yang terdampak bencana kekeringan.

Baca Juga: Praktik Dokter Gadungan di Mojokerto Terbongkar, Ternyata Lulusan SMK

1. Dua kecamatan masih alami kesulitan air bersih

Pendistribusian air bersih di salah satu dusun di Ngoro.

Dari data yang diterima BPBD setempat, terdapat lima desa dari dua kecamatan yang dikategorikan sebagai zona merah dalam bencana kekeringan. 

Lima Desa tersebut yakni, Desa Duyung di Kecamatan Trawas kemudian Desa Kunjorowesi, Manduro Manggunggajah, Kutogirang, dan Wotanmas Jedong di Kecamatan Ngoro.

2. Siapkan anggaran Rp225 juta untuk droping air bersih

Penyaluran air bersih oleh LPBI-NU Kabupaten Mojokerto.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto Lutfi Ariyanto mengatakan, telah menganggarkan sebesar Rp225 juta untuk droping air bersih yang diambil dari APBD tahun ini. 

Dia menyebut, jumlah daerah rawan kekeringan di Kabupaten Mojokerto relatif berkurang dibanding tahun sebelumnya. Karena, tahun sebelumnya hampir seluruh desa di Kecamatan Dawarblandong masuk dalam zona merah kekeringan. 

"Berdasarkan pengajuan dari kecamatan untuk saat ini hanya beberapa desa itu. Karena tahun ini aliran weslik sudah jalan dan tawaran pipa dari PDAM terus bertambah, jadi sudah ada penyelesaian," ujarnya, Jumat (13/08/2021).

Baca Juga: Dosen di Mojokerto Sulap Lahan Jadi Hamparan Bunga Matahari

Verified Writer

Moch Fad

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya