TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Muhammadiyah Pastikan Hadir di Sidang Isbat Lebaran 1443 H

Muhammadiyah tak diundang dalam sidang isbat 1 Ramadan

Logo Muhammadiyah. (muhammadiyah.or.id)

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, memastikan perwakilan organisasinya akan hadir dalam sidang isbat penentuan 1 Syawal 1443 Hijriah, yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag). Sidang isbat akan digelar Minggu sore ini.

"Muhammadiyah akan diwakili Prof. Samsul Anwar, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah," ujar Mu'ti kepada IDN Times, Minggu (1/5/2022).

Baca Juga: Muhammadiyah Tak Diundang Kemenag saat Penentuan 1 Ramadan 1443 H

Baca Juga: Muhammadiyah Tetapkan Lebaran 1 Syawal 1443 pada Senin 2 Mei 2022

1. Muhammadiyah tak masalah bila ada perbedaan waktu Hari Raya Idul Fitri

Sekum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti (Dok. ANTARA News)

Dalam kesempatan itu, Muhammadiyah mengaku tak masalah apabila ada perbedaan waktu Hari Raya Idul Fitri. Dia meminta kepada masyarakat untuk saling menghormati perbedaan tersebut.

"Yang lebih penting adalah bagaimana umat Islam menunaikan Ibadah Idul Fitri sesuai dengan keyakinan, dan semua pihak saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah," ucapnya.

2. Muhammadiyah tak diundang Kemenag saat penentuan 1 Ramadan 1443 H

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Abdul Mu'ti (ANTARA/Indriani)

Sebelumnya, Abdul Mu'ti menyampaikan, Muhammadiyah tak diundang Kemenag pada sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1443 Hijriah.

"Tidak ada surat dari Kemenag kepada PP Muhammadiyah dan kepada Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah untuk menghadiri sidang isbat," ujar Mu'ti kepada IDN Times, Minggu (3/4/2022).

Mu'ti menegaskan, setiap pengurus Muhammadiyah tunduk kepada tata tertib organisasi. Menurutnya, ketika ingin menghadiri suatu acara, wajib membawa surat tugas dari PP Muhammadiyah.

"Prosedur di Muhammadiyah, untuk tertib organisasi, semua yang mewakili PP Muhammadiyah di forum resmi harus membawa Surat Tugas resmi dari PP Muhammadiyah/Majelis sesuai surat undangan," kata dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya