TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waketum DMI Syafruddin ke Mesir, Bahas Penyetaraan Ijazah Pesantren

Penyetaraan dilakukan agar santri RI bisa masuk Al-Azhar

Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol (P) DR H Syafruddin MSi memimpin Forum Komunikasi Pesantren Muadalah (FKPM) berkunjung ke Al-Azhar, Mesir, Minggu, (28/11/2021). (dok. DMI)

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komjen (Purn) Syafruddin, berkunjung ke Az-Azhar, Mesir, Minggu, 28 November 2021. Syafruddin memimpin Forum Komunikasi Pesantren Muadalah (FKPM) dalam kunjungan tersebut.

Selain itu, Syafruddin juga bekunjung ke pusat riset keislaman Al-Azhar dan diterima Sekjennya, Syaikh Prof Nadzir Ayyadh. Dalam pertemuan itu, Syafruddin dan Nadzir membahas mengenai penyetaraan ijazah yang tergabung dalam FKPM Al-Azhar.

"Kita berharap santri mendapat lebih banyak kesempatan untuk belajar di Al-Azhar. Kelak, para santri yang menjadi alumni Al-Azhar dalam menyebarkan ajaran Islam yang wastiyah di Indonesia, sehingga kiprah alumni Al-Azhar bisa dirasakan oleh rakyat Indonesia," ujar Syafruddin dalam keterangannya, Senin (29/11/2021).

Baca Juga: Santri Berijazah Diniyah Formal Kini Bisa Lanjut ke Al-Azhar Mesir

Baca Juga: Ridwan Kamil Klaim Perda Pesantren Bisa Sejahterakan Santri dan Kyai 

1. Ada 40 pesantren yang mengajukan penyetaraan

Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol (P) DR H Syafruddin MSi memimpin Forum Komunikasi Pesantren Muadalah (FKPM) berkunjung ke Al-Azhar, Mesir, Minggu, (28/11/2021). (dok. DMI)

Sekjen FKPM, KH Luqman Al-Hakim mengatakan, saat ini ada 40 pesantren dari unsur salafiyah dan dimyati yang mengajukan penyetaraan. Puluhan pesantren itu tersebar di sejumlah wilayah Indonesia.

Al-Azhar merupakan lembaga pendidikan Islam yang sudah dikenal sejak lama yang melahirkan kader terbaik. Sejumlah ulama dunia juga tak sedikit yang belajar tentang Islam di Al-Azhar.

2. Santri berijazah diniyah formal kini bisa lanjut ke Al-Azhar Mesir

Ilustrasi santri di pondok pesantren. ANTARA FOTO/Fauzan

Sebelumnya, Pendidikan Diniyah Formal (PDF) yang biasanya ada di pesantren salafiyah kini telah mendapat penyetaraan dari Al-Azhar Mesir. Penyetaraan PDF sebagai ijazah Ma'had Buus Islamiyah Al-Azhar (SMA sederajat) diputuskan dalam sidang Majelis Tinggi Al-Azhar pada 22 September 2021.

“Alhamdulillah, setelah melalui proses panjang, akhirnya ijazah Pendidikan Diniyah Formal yang umumnya diselenggarakan pesantren salafiyah mendapat muadalah dari Al-Azhar,” ujar Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, dalam keterangannya, Jumat, 1 Oktober 2021.

Selain itu, penyetaraan ijazah juga diberikan kepada Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta dan Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya