TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wapres Dukung Masjid Raya Baiturrahim Jayapura Jadi Ikon Islam Papua

Wapres berharap sarana masjid mirip yang dibangun Rasulullah

Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin, mendukung pengembangan Masjid Raya Baiturrahim Jayapura menjadi ikon umat Islam di Papua. Masjid ini merupakan yang terbesar di Papua dengan daya tampung hingga 5 ribu jemaah per hari.

“Karena itu harus dijaga keberadaannya, tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga tempat berbagai kegiatan yang lain, termasuk pembinaan umat,” ujar Ma'ruf dalam keterangannya, Rabu (28/4/2022) kemarin.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Akan Salat Idul Fitri di Istiqlal dan Mudik ke Banten

Baca Juga: Wapres: Salat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan Tahun Ini Boleh

1. Pengembangan masjid harus ada aspek selain untuk sarana ibadah

Wapres Ma'ruf Amin pimpin rapat penanggulangan miskin ekstrem di NTT (Dok. Setwapres)

Ma'ruf mengatakan pengembangan masjid harus ada aspek selain untuk sarana ibadah. Menurutnya, masjid harus memiliki fungsi pendidikan, pemberdayaan ekonomi hingga pelayanan kesehatan.

“Nanti kita akan usulkan supaya kalau masih ada tanahnya, dibuatkan balai latihan kerja (BLK) untuk latihan-latihan yang menjadi penguasaan Masjid Baiturrahim. Saya harapkan begitu nanti, supaya benar-benar dikelola dengan baik,” ucapnya.

2. Ma'ruf berharap Masjid Baiturrahim fungsinya mirip dengan yang dibangun Rasulullah SAW di Madinah

Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setpwapres)

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini berharap Masjid Baiturrahim ini fungsinya mirip dengan masjid yang dibangun Rasulullah SAW di Madinah. Menurutnya, masjid yang dibangun Rasulullah SAW tidak hanya digunakan untuk sarana ibadah saja.

"Saya minta dakwah yang dijalankan di Masjid Baiturrahim ini, dakwah yang sifatnya narasi-narasi atau ungkapan-ungkapan kerukunan sehingga tidak menimbulkan kegaduhan dan membangun kerja sama dengan agama-agama yang lain,” katanya.

Baca Juga: Jokowi Terima MRP, Bahas soal UU Otsus hingga Pemekaran Daerah Papua

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya