TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

MKD DPR Segera Tindaklanjuti Aduan soal Fadli Zon

Pelapor akan dipanggil Rabu, 8 Desember 2021

Dok.IDN Times

Jakarta, IDN Times - Anggota DPR RI, Fadli Zon, dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR karena cuitannya di Twitter terkait UU Cipta Kerja. MKD sudah menerima pengaduan tersebut.

"MKD DPR sudah melakukan sidang kemarin, bukan sidang, sudah melakukan rapat kemarin. Nah berkas pengaduan, proses berkas pengaduan dari pengadu diberikan ke MKD sudah diterima. Hasil verifikasi tenaga ahli secara admistrasi, berkas pengaduan sudah lengkap," kata Wakil Ketua MKD DPR dari Fraksi PAN, Nazaruddin Dek Gam, saat dihubungi, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga: Fadli Zon Dilaporkan ke MKD DPR karena Cuitannya di Twitter

1. Pengadu akan dimintai keterangan Rabu, 8 Desember 2021

Gedung MPR DPR RI (IDN Times/Marisa Safitri)

Hasil rapat, Nazaruddin Dek Gam mengatakan, MKD DPR akan memanggil pengadu, Gusnaidi Herminado. Gusnaidi akan dimintai keterangan pada Rabu, 8 Desember 2021 pukul 14.00 WIB. Pemanggilan ini dilakukan untuk mengklarifikasi aduan yang dilayangkan Gusnaidi.

"Akan kita undang, hari Rabu tanggal 8 jam 14.00 WIB, akan kita undang dan kita minta keterangannya. Jadi kita masih proses, kita undang si pengadu tersebut. Pada prinsipnya, laporannya sudah lengkap dan layak untuk kita lanjutkan," ucapnya.

Baca Juga: Dua Pekan Tak Aktif di Twitter, Fadli Zon Muncul Bareng Puan di Madrid

2. Fadli Zon sudah dipanggil MKD?

Fadli Zon. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Apakah Fadli Zon juga akan dipanggil MKD DPR? Mengenai hal tersebut, Nazaruddin Dek Gam mengatakan, MKD belum memanggil Fadli Zon untuk dimintai keterangan. MKD DPR masih akan mengumpulkan keterangan terlebih dahulu dari pengadu.

Terkait ada atau tidaknya dugaan pelanggaran etik atau disiplin yang dilakukan Fadli Zon, dia mengatakan, MKD belum bisa menyimpulkan hal tersebut. Sebab, MKD belum mendapat keterangan dari Gusnaidi.

"Kita lihat nanti si pengadu ini, jangan-jangan si pengadu gak datang nanti. Kalau Pak Gusnaidi, si pengadu ini sudah datang, nah kita cek bener apa yang disampaikan sesuai dengan yang diadukan kepada MKD, pasti Pak Fadli Zon akan kita minta klarifikasi juga. Tapi ini untuk sementara kita masih panggil Gusnaidi," imbuhnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya