TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Capim KPK Mulai Rangkaian Fit and Proper Test Hari Ini di DPR

Hari ini yang diujikan adalah pembuatan makalah

(Tes kesehatan capim KPK) ANTARA FOTO/Aprilio Akbar

Jakarta, IDN Times - Di saat publik tengah fokus pada rencana DPR yang kompak membonsai kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui revisi UU nomor 30 tahun 2002, parlemen melanjutkan agenda mereka mengenai 10 capim institusi antirasuah. Proses itu tetap berjalan usai Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah melayangkan surat kepada DPR mengenai restunya terhadap 10 nama capim KPK yang sudah disaring oleh pansel, pada pekan lalu. 

Pada Senin (9/9), 10 calon pimpinan KPK mulai menjalani serangkaian uji kepatutan dan kelayakan. Konfirmasi diperoleh dari salah satu capim yakni Lili Pintauli Siregar pada Minggu (8/9). Lili mengaku dikirimi surat oleh pihak DPR pada (5/9) lalu mengenai rangkaian seleksi fit and proper test yang harus ia dan sembilan capim lainnya jalani. 

"Besok (hari Senin) masih tes ujian makalah. Ngetik makalah dimulai pukul 14:00 WIB," kata Lili kepada IDN Times melalui pesan pendek pada Minggu malam kemarin. 

Perempuan yang pernah menjadi advokat itu mengaku juga menjalani proses yang serupa ketika mengajukan diri sebagai calon pimpinan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). 

"Kalau pengalaman aku ikut seleksi LPSK dua periode ya begini di komisi tiga pertama test buat makalah, setelah itu baru uji kepatutan dan kelayakan," tutur dia. 

Lalu, kapan uji kepatutan dan kelayakan akan ia lalui? 

Baca Juga: Saat Mereka yang Pro dan Menentang Pansel Capim Bertemu di Gedung KPK

1. Capim mengaku belum mengetahui kapan mereka akan diwawancarai oleh DPR

IDN Times/Santi Dewi

Lili mengatakan sesungguhnya apa yang mereka lalui tidak jauh berbeda dengan proses dengan panitia seleksi. 

"Kalau di pansel, wawancara itu dinamakan uji publik. Sedangkan, di DPR namanya fit and proper test," kata Lili semalam. 

Sementara, ia mengaku belum dikirim pemberitahuan kapan anggota komisi III DPR akan melakukan proses wawancara. 

"Untuk undangan wawancaranya belum ada," tutur dia. 

2. Anggota Komisi III DPR memulai fit and proper test dengan meminta keterangan dari pansel capim KPK

(Pansel capim KPK periode 2019-2023) IDN Times/Santi Dewi

Sebelum dilakukan proses uji kepatutan dan kelayakan para capim pukul 14:00 nanti, rupanya anggota komisi III sudah memulai kegiatannya. Pada pagi ini mereka bertemu dengan panitia seleksi capim KPK. 

Rapat itu dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III dari fraksi PDI Perjuangan, Herman Hery. Selama rapat, komisi III menanyakan kepada pansel mengenai hasil seleksi capim periode 2019-2023. Rapat tersebut masih berjalan hingga kini dan dinyatakan terbuka untuk umum. 

Baca Juga: [BREAKING] Ini Daftar 10 Capim KPK yang Diserahkan ke Presiden Jokowi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya