TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Keren! Panglima TNI Terima Penghargaan Kehormatan Order of Australia 

TNI berjasa atasi kebakaran di Australia pada 2020

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ketika menerima tanda kehormatan dari Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams (www.instagram.com/@puspentni)

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Australia memberikan penghargaan kehormatan kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada Selasa, 26 Oktober 2021. Hadi dianugerahi Order of Australia divisi militer sebagai pengakuan atas tekad dan komitmen yang luar biasa terhadap hubungan pertahanan bilateral. 

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams, yang memberikan penghargaan tersebut langsung kepada Hadi mengatakan, tanda kehormatan itu juga untuk menghormati pencapaian cemerlang Hadi selama ini, termasuk peran integralnya mendukung koordinasi dan kolaborasi di antara militer Indonesia dan Australia. 

“Penghargaan ini menyoroti pendekatan Panglima TNI Hadi melalui pengabdian dan dedikasinya yang luar biasa untuk memperkuat hubungan pertahanan antara Australia dan Indonesia, khususnya dalam mendukung kemitraan strategis komprehensif bilateral,” ujar Williams dalam keterangan tertulis dari Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Kamis (28/10/2021). 

Salah satu kontribusi nyata selama Hadi menjabat Panglima TNI yang diakui Negeri Kanguru, yakni ketika TNI ikut diliibatkan ke negara bagian New South Wales untuk memadamkan kebakaran hutan hebat di sana pada 2020. Total ada 44 personel yang dikirim dalam operasi khusus yang diberi nama Bushfire Assist pada Februari tahun lalu. 

Lalu, apa respons Hadi usai menerima tanda kehormatan itu dari pemerintah Australia?

Baca Juga: Respons Panglima Hadi soal Tudingan Komunis Susupi TNI

1. Hadi merasa terhormat diberi penghargaan dari Pemerintah Australia

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ketika menerima tanda kehormatan dari Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams (www.instagram.com/@puspentni)

Sementara, dalam keterangan tertulisnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto merasa terhormat atas penghargaan tersebut. Dia juga mengucapkan selamat bertugas kepada Dubes Williams usai menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada 1 September 2021. 

Pada 2020, Hadi sempat memastikan keikutsertaan prajurit TNI dalam operasi Bushfire Assist dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPR pada Januari 2020. Sebanyak 36 dari 44 prajurit yang dikirim ke New South Wales adalah Satgas Garuda.

Satgas Garuda terdiri dari 26 personel TNI AD, 6 TNI AL, dan 4 TNI AU. Tim LO 6 personel (3 personel TNI, 2 personel Badan Nasional Penanggulangan Bencana, 1 personel KJRI Sydney), dan tim kesehatan 2 personel dari TNI AD.

Selain Satgas Garuda, Mabes TNI juga mengucurkan dana operasi Rp1,7 miliar, ditambah dengan dukungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Rp8,6 miliar.

Hadi juga membekali prajurit TNI dengan peralatan seperti gergaji mesin, serta pengadaan alat berat seperti bulldozer dan beco yang dibeli di Australia.

2. Hadi juga dinilai berperan penting dalam membangun kepercayaan militer kedua negara

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Kedutaan Australia di Jakarta juga menyebut Hadi berperan penting dalam membangun kepercayaan dan memperkuat ikatan profesional antara tentara, pelaut, penerbang, dan perempuan di angkatan bersenjata kedua negara. 

“Saat Ikatan Alumni Pertahanan Indonesia-Australia (IKAHAN) merayakan hari jadinya yang ke-10, Marsekal TNI Tjahjanto menjadi contoh luar biasa bagi militer kita masing-masing tentang pentingnya memperkuat hubungan antar anggota, terutama dengan negara tetangga dekat seperti Indonesia dan Australia,” kata Dubes Williams. 

Tanda kehormatan Order of Australia diberikan untuk menghormati individu yang telah menunjukkan jasa atau pencapaian yang luar biasa. Jumlah penghargaan yang diberikan setiap tahunnya, kata Kedues Australia sangat terbatas. Sementara, jarang pejabat asing menerima penghargaan tersebut. 

Baca Juga: Helm 335 dan Takdir Hadi Bertemu Jokowi hingga Jadi Panglima TNI

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya