TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Temui Putra Mahkota UEA, Prabowo Serahkan Surat Jokowi dan Pistol Emas

Prabowo serahkan cenderamata pistol G2 berlapis emas

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) ketika bertemu Putera Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau MBZ di Abu Dhabi (www.instagram.com/@prabowo)

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menemui Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA), Pangeran Mohamed bin Zayed (MBZ), di kediaman pribadinya di Qasr Al Bahr, Abu Dhabi, pada 17 Maret 2022.

Dalam pertemuan itu, Prabowo menyampaikan salam dan surat khusus dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo kepada Pangeran MBZ. Namun, tak disebut isi surat Jokowi itu kepada Pangeran MBZ. Pertemuan dua pejabat tinggi itu berlangsung selama 45 menit. 

"Keduanya membahas upaya peningkatan kerja sama di bidang pertahanan, termasuk industri strategis, antara Indonesia dengan UEA. Juga mengenai situasi dan kondisi umum keamanan kawasan dan global," demikian isi keterangan tertulis Kementerian Pertahanan yang dikutip, Senin (21/3/2022). 

Menurut Kemenhan, dengan adanya pertemuan antara Menhan Prabowo dengan Pangeran MBZ, menjadi bukti eratnya hubungan pertahanan kedua negara, termasuk industri pertahanan kedua negara.

"Tim dari UEA telah berkunjung ke Indonesia untuk melihat potensi industri pertahanan Indonesia pada awal bulan ini. Sedangkan, tim dari Indonesia juga akan datang melihat serta mengkaji potensi industri pertahanan UEA," sebut Kemhan. 

Pangeran MBZ diketahui masuk sebagai anggota Dewan Pengarah Ibu Kota Negara (IKN) di Nusantara, Kalimantan Timur. Indonesia pun juga mengharapkan UEA bakal ikut berinvestasi di proyek pembangunan IKN. 

Di sisi lain, Prabowo menyiapkan cenderamata unik dan khusus bagi Pangeran MBZ. Apa cenderamata tersebut?

Baca Juga: Pistol Buatan Pindad Jadi Cendera Mata Prabowo untuk Menhan Prancis

1. Prabowo berikan cenderamata pistol buatan PT Pindad yang berlapis emas

Pistol G2 Elite berlapis emas dan grafir nama Pangeran Mohamed bin Zayed (MBZ) sebagai cinderamata untuk Pangeran MBZ. (www.instagram.com/@kemhanri)

Menurut Kemhan, sebagai bentuk penghormatan, Menhan Prabowo memberikan sejumlah cenderamata spesial. Ada tiga cenderamata yang diberikan kepada Pangeran MBZ, yakni pistol G2 elite berlapis emas dengan tulisan nama Pangeran MBZ. 

Selain itu, Ketua Umum Partai Gerindra tersebut juga memberikan senapan SS2 V5. "Nama Pangeran MBZ ditulis menggunakan huruf Arab," kata Kemhan. 

Baik pistol dan senapan merupakan produksi PT Pindad Persero. Selain itu, Prabowo juga memberikan sebilah keris tradisional yang berasal dari Bali kepada Pangeran MBZ. 

2. Prabowo tur ke sejumlah negara untuk perkuat kerja sama pertahanan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan ke Menteri Pertahanan Nasional Yunani Nikolaos Panagiotopoulos di Athena pada 11 Maret 2022. (www.twitter.com/@npanagioto)

Sebelum berkunjung ke UEA, Menhan Prabowo juga sudah berkunjung ke sejumlah negara lainnya, yakni Prancis, Yunani, hingga Arab Saudi. Prabowo berusaha menjalin kerja sama lebih erat di bidang pertahanan dengan negara-negara tersebut. 

Bahkan, ketika bertemu Menhan Nasional Yunani, Nikolaos Panagiotopoulos, di ibu kota Athena, Prabowo turut menyampaikan posisi Indonesia terkait konflik Ukraina-Rusia. Ia mendorong agar kedua negara tersebut kembali berdialog. 

"Kami mendesak semua pihak dalam situasi Ukraina agar segera memulai dialog damai dan menyelesaikan masalah. Kami berharap dan berdoa untuk hasil damai dalam krisis di Ukraina," kata Prabowo. 

Berdasarkan perkembangan terbaru, perwakilan Pemerintah Ukraina dan Rusia untuk kali pertama bersedia bertemu di Turki pada Kamis, 10 Maret 2022. Pertemuan dihadiri Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan mitranya dari Ukraina Dmytro Kuleba.

Baca Juga: Menhan Prabowo Bantu Diplomasi ke Rusia agar Bisa Evakuasi WNI

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya