TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini 5 Transformasi dalam Revitalisasi KUA

Semester pertama 2022, revitalisasi dilaksanakan di 400 KUA

Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag M. Adib. (Dok. Kemenag).

Jakarta, IDN Times - Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) menjadi program prioritas yang terus dilakukan Kementerian Agama. Program ini digulirkan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sejak 2021 lalu.

"Ada lima hal yang ditransformasi dalam rangka revitalisasi KUA," kata Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag M. Adib saat menjadi narasumber Bimtek Petugas Layanan KUA di Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Cegah Stunting, 5.901 KUA Dilibatkan Buat Program Bimbingan Pranikah

1. Mengubah profil layanan KUA

Ilustrasi menikah di KUA saat masa pandemik (IDN Times/Andra Adyatama)

Transformasi pertama yaitu mengubah profil layanan KUA, yang selama ini bersifat dokumentasi dan administrasi menjadi berorientasi kebutuhan masyarakat.

"Bentuknya berupa bimbingan, layanan, konsultasi, dan pendampingan persoalan keluarga dan keagamaan," ungkap Gus Adib, sapaan akrabnya, di Kota Makassar, Kamis (30/6/2022).

2. KUA bersifat aktif dan responsif dalam melayani masyakarat

Pelayanan di Kantor KUA Peterongan. Zainul Arifin

Transformasi kedua, lanjut Gus Adib, KUA bersifat aktif dan responsif dalam melayani masyakarat. Petugas KUA harus mau melakukan jemput bola saat melayani.

Kemudian, transformasi ketiga yaitu KUA harus hadir dan mendampingi masyarakat. 

"Petugas KUA diharapkan terdepan dalam mengetahui dan berupaya menyelesaikan persoalan yang dihadapi masyarakat," kata Gus Adib. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya