TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Viral Perlakuan Diskriminatif Calon Mitra Disabilitas, Grab Buka Suara

Grab akui adanya kesalahan prosedural di lapangan

Ilustrasi driver Grab

Jakarta, IDN Times - Viral seorang calon mitra Grab penyandang disabilitas, Tonanda Putra, yang mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan saat menghadiri wawancara dengan perusahaan transportasi umum itu. 

Peristiwa ini viral setelah Tonan menceritakan pengalamannya dengan membuat surat terbuka melalui akun Instagramnya, @tonandaputra, dan istrinya, @amanda_farliany.

"SURAT TERBUKA untuk @grabid Saya kecewa pelayanan BURUK terhadap suamiku @tonandaputra di tempat pendaftaran mitra @grabid cakung.. Tentu saja saya tidak bisa menerima seperti itu," tulis Amanda di Instragramnya, Selasa, 26 April 2022.

Baca Juga: Singapura Hukum Mati Pria Disabilitas Mental Asal Malaysia 

1. Kronologi Tonan direndahkan hingga dapatkan info tak ada lowongan untuk penyandang tuli

Kronologi peristiwa tidak menyenangkan yang dirasakan Tonan. (Instagram/@tonandaputra dan @amanda_farliany)

Kejadian tak menyenangkan yang dialami Tonan berawal saat dirinya menghadiri tes wawancara dan bertemu dengan satpam. 

"Kronologinya Tonan mau menunjukkan surat undangan dan diketemukan lagi oleh security lain (kepala security) yang lagi2 seperti tidak diterima dengan muka masam, dan raut wajah yang marah2. Dia menunjukkan isi WA dan undangan yang tertulis bahwa dia diundang interview," jelasnya.

"Malah Disuruh membaca dengan jelas dan keras, Tonan sudah mengikuti. Sampai di tes dengan dipanggil dari jauh, wah TIDAK SOPAN.. malah coba tes lagi dipanggil, bertepuk tangan kencang2, seolah2 mengetes pendengarannya yang memang tuli," lanjut dia.

Tidak hanya itu, Amanda juga mengaku kesal saat suaminya itu mendapatkan informasi tidak ada lowongan untuk penyandang tunarungu. 

Baca Juga: Dukcapil Diminta Permudah Layanan Dokumen bagi Penyandang Disabilitas 

2. Tidak toleransi segala bentuk diskriminasi, pihak Grab akan tindak tegas kejadian Tonan

Ilustrasi pengemudi Grab (IDN Times)

Grab Indonesia angkat bicara terkait perlakuan diskriminatif pada kelompok disabilitas ini. Mereka menyesalkan perlakuan diskriminatif yang dialami Tonan. Grab menyatakan, pihaknya akan mengambil tindakan tegas terkait hal ini.

"Grab sangat menyesalkan kejadian yang dialami oleh salah satu calon mitra Grab di Cakung pada tanggal 26 April 2022. Kami telah menghubungi beliau untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, agar dapat segera melakukan investigasi internal menyeluruh dan mengambil tindakan tegas," tulis Grab dalam unggahan di akun Instagramnya, @grabid, Rabu, 27 April 2022.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya