TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Alasan Jokowi Tak Lapor KPK soal 3 Ton Jeruk dari Warga Karo

Jokowi disebut selalu punya sikap jika diberi sesuatu

Jokowi terima warga Liang Melas di Istana pada Senin (6/12/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jakarta, IDN Times - Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Faldo Maldini, mengungkap alasan Presiden Joko “Jokowi” Widodo tidak melapor pemberian jeruk tiga ton dari warga Liang Melas Datas, Karo, Sumatra Utara, kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jokowi disebut menerima jeruk satu truk itu tak secara cuma-cuma.

Faldo mengatakan Jokowi sempat memberikan uang tunai kepada warga Liang Melas Datas yang hadir ke Istana lantaran telah mengirimkan tiga ton jeruk. Artinya, ada pembayaran atas jeruk yang dibawa warga tersebut.

“Di dalam video, Presiden menyerahkan sendiri pembayaran jeruk tersebut di dalam goodybag. Beliau bilang 'gantinya',” ucap Faldo saat dihubungi IDN Times, Rabu (8/12/2021).

Baca Juga: 3 Ton Jeruk Untuk Jokowi, Cara Warga Sindir Kinerja Bupati Karo

1. Faldo sebut Jokowi konsisten tunjukkan sikap soal pemberian kepadanya

Instagram/@faldomaldini

Menurut Faldo, Jokowi secara konsisten menunjukkan sikap terkait pemberian kepadanya. Ia mencontohkan seperti gitar Metallica hingga kuda yang pernah dilaporkan dan diserahkan kepada KPK.

“Namun, pemberian dari rakyat kecil, petani, yang sangat mencintai beliau tentu lebih elok dibayar saja, dibeli saja, ketimbang dibawa-bawa ke KPK. Nanti, petani sedih. Ada kepantasanlah dalam bernegara,” tutur Faldo.

2. Warga Karo kirim 3 ton jeruk buat Jokowi minta agar jalan diperbaiki

Jokowi terima warga Liang Melas di Istana pada Senin (6/12/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sejumlah warga dari Liang Melas Datas, Karo, Sumatra Utara, mengirimkan tiga ton jeruk untuk diberikan kepada Presiden Jokowi. Mereka menempuh perjalanan selama tiga hari, sejak Jumat (3/12/2021), untuk bertemu dengan orang nomor satu di Indonesia itu.

Persatuan Masyarakat Liang Melas Datas tersebut tiba di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (6/12/2021). Kedatangan mereka tersebut langsung diterima oleh Jokowi.

“Tadi kami berjumpa sama Bapak Presiden Joko Widodo, jadi dia menanyakan apa maksud kalian kemari. Kami mengantar oleh-oleh jeruk manis hasil pertanian kami,” ujar Setia Sembiring, salah satu perwakilan warga, di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat.

Kedatangan perwakilan warga tersebut guna meminta perbaikan infrastruktur di desa mereka. Setia menyampaikan kepada Jokowi tentang kondisi jalan di desanya yang rusak.

Menurutnya, jalan rusak itu berdampak pada warga di enam desa dan tiga dusun di Liang Melas Datas.

“Kami harapkan Bapak Presiden kita memperhatikan kami masyarakat Desa Liang Melas yang jumlahnya enam desa ditambah tiga dusun. Jadi kami harapkan benar bantuan Bapak itu agar desa kami bisa ada perubahan dari dulunya menjadi agak lebih baik," jelas Setia.

Baca Juga: Minta Jalan Diperbaiki, Warga Karo Sumut Kirim 3 Ton Jeruk buat Jokowi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya