Minta Jalan Diperbaiki, Warga Karo Sumut Kirim 3 Ton Jeruk buat Jokowi

Warga karo tempuh perjalanan tiga hari untuk ke Istana

Jakarta, IDN Times - Sejumlah warga dari Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, mengirimkan tiga ton jeruk untuk diberikan kepada Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Mereka menempuh perjalanan selama tiga hari, sejak Jumat (3/12/2021), untuk bertemu dengan orang nomor satu di Indonesia itu.

Persatuan Masyarakat Liang Melas Datas tersebut tiba di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (6/12/2021). Kedatangan mereka tersebut langsung diterima oleh Jokowi.

“Tadi kami berjumpa sama Bapak Presiden Joko Widodo, jadi dia menanyakan apa maksud kalian kemari. Kami mengantar oleh-oleh jeruk manis hasil pertanian kami,” ujar Setia Sembiring, salah satu perwakilan warga, di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat.

1. Warga berharap Jokowi melakukan perbaikan jalan di desa mereka

Minta Jalan Diperbaiki, Warga Karo Sumut Kirim 3 Ton Jeruk buat JokowiTokoh masyarakat Karo usai bertemu Presiden Jokowi pada Senin (6/12/2021). (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Kedatangan perwakilan warga tersebut guna meminta perbaikan infrastruktur di desa mereka. Setia menyampaikan kepada Jokowi tentang kondisi jalan di desanya yang rusak.

Menurutnya, jalan rusak itu berdampak pada warga di enam desa dan tiga dusun di Liang Melas Datas.

“Kami harapkan Bapak Presiden kita memperhatikan kami masyarakat Desa Liang Melas yang jumlahnya enam desa ditambah tiga dusun. Jadi kami harapkan benar bantuan Bapak itu agar desa kami bisa ada perubahan dari dulunya menjadi agak lebih baik," jelas Setia.

Baca Juga: Jokowi Akan Kunjungi Masyarakat Korban Erupsi Semeru Selasa Besok 

2. Jokowi perintahkan Menteri PUPR melakukan perbaikan jalan

Minta Jalan Diperbaiki, Warga Karo Sumut Kirim 3 Ton Jeruk buat JokowiJokowi terima warga Liang Melas di Istana pada Senin (6/12/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi berjanji kepada perwakilan warga bahwa jalan rusak di Liang Melas Datas akan segera diperbaiki. Jokowi telah memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan perbaikan jalan tersebut.

Ia mengatakan aduan warga telah ditindaklanjuti dengan pengecekan langsung di lapangan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara, Direktorat Jenderal Bina Marga, Minggu (5/12/2021).

"Saya sudah dengar semua kok, jadi gak usah diceritakan, saya sudah dengar. Hari Sabtu sudah saya perintah ke Menteri PU, kemarin (5/12/2021) sudah sampai sana. Tadi pagi katanya sudah mulai melihat lapangan, sudah mengukur, nanti sebentar lagi dikerjakan," tutur Jokowi.

3. Jokowi janji akan kunjungi desa saat jalannya sudah diperbaiki

Minta Jalan Diperbaiki, Warga Karo Sumut Kirim 3 Ton Jeruk buat JokowiJokowi terima warga Liang Melas di Istana pada Senin (6/12/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Setelah menerima jeruk yang dibawa perwakilan warga, Jokowi memberikan bantuan tunai untuk para petani warga Liang Melas Datas. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan berencana mengunjungi desa tersebut apabila jalannya telah selesai dikerjakan.

"Ini nanti sampaikan ke petani. Oleh-oleh sudah saya terima, ini gantinya. Nanti sampaikan. Ini jalannya langsung dikerjakan. Nanti kalau jalannya jadi, saya ke sana. Sampaikan. Biar dikerjakan dulu, nanti (jalannya) jadi saya baru ke sana," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Vaksinasi Booster Dimulai Januari 2022

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya