TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jembatan di Bukittinggi Ambruk, Ini Respons Presiden Jokowi

Jembatan sementara akan dibangun pekan ini

Instagram.com/jokowi

Jakarta, IDN Times - Jembatan penghubung Jalan Raya Padang-Bukittinggi, Kayutanam, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, ambruk pada Selasa (11/12). Akibatnya akses dari dan ke Bukittinggi putus total.

Menanggapi ambruknya jembatan penguhubung tersebut, Presiden Joko "Jokowi" Widodo langsung bererak cepat. Kira-kira apa yang dilakukan oleh Jokowi?

Baca Juga: Sedang di Bukittinggi? 5 Tempat ini Cocok untuk Ngabuburit Kamu

1. Kementerian PUPR membangun jembatan sementara

Instagram.com/jokowi

Melalui akun Instagram @jokowi, Jokowi mengungkapkan telah meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar langsung mengatasi permasalahan tersebut. Menurut Jokowi, Kementerian PUPR telah membangun jembatan sementara untuk menghubungkan kedua daerah tersebut.

"Kementerian PUPR langsung membangun jembatan sementara untuk selekas mungkin membuka kembali lalu lintas Kota Padang - Bukittinggi," tulis Jokowi.

2. Jembatan dirakit sepanjang 36 meter dan ditargetkan selesai dalam sepekan

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Lanjut Jokowi, jembatan sementara tersebut telah dirakit sepanjang 36 meter. "Dan ditargetkan selesai dalam sepekan ini," kata Jokowi. Jembatan sementara ini akan digunakan sampai jembatan yang ambruk berhasil diperbaiki.

3. Pemerintah segera siapkan desain jembatan permanen

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jokowi menjelaskan, apabila jembatan sementara itu telah selesai dibangun, maka pemerintah segera menyiapkan desain jembatan permanen. Lalu, pemerintah pun menargetkan Maret 2019 pembangunan bisa berjalan.

"Setelah melalui proses tender, mudah-mudahan bisa mulai dibangun bulan Maret 2019, dan akan rampung bulan September atau Oktober 2019," terang Jokowi.

Baca Juga: 5 Tips Liburan Ekonomis di Padang, Cocok untuk Mahasiswa!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya