TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Harap AS Jadi Mitra Pembangunan Arsitektur Kesehatan ASEAN

Jokowi sebut ketahanan kesehatan nasional penting

Presiden Jokowi hadiri KTT ASEAN ke-38 pada Selasa (26/10/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan ASEAN tengah membangun arsitektur kesehatan baru. Maka dari itu ASEAN berharap Amerika Serikat bisa menjadi salah satu mitra pembangunan ketahanan kesehatan di ASEAN.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi atas dukungan vaksin AS kepada negara-negara ASEAN yang jumlahnya lebih dari 30 juta. Upaya mencapai kesetaraan akses vaksin bagi semua negara akan menjadi kunci kecepatan dunia keluar dari pandemi," kata Jokowi dalam pidatonya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-AS yang digelar secara virtual pada Selasa (26/10/2021).

Baca Juga: Jokowi Ungkap Harapannya untuk Kerja Sama ASEAN-AS ke Depan

1. Pembangunan ketahanan kesehatan nasional bisa jadi modal ketahanan kesehatan global

Sejumlah tenaga kesehatan merawat pasien positif COVID-19 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/5/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Jokowi mengungkapkan bahwa pandemik telah menyadarkan pentingnya investasi di bidang kesehatan. Menurut dia, pembangunan ketahanan kesehatan nasional akan menjadi modal dasar ketahanan kesehatan global.

"Rantai pasok produksi obat-obatan, vaksin, alat-alat kesehatan harus didiversifikasi, termasuk ke kawasan Asia Tenggara," ucap Jokowi.

2. Jokowi harap ASEAN-AS jadi pilar penting pemulihan ekonomi pascapandemik

Presiden Jokowi hadiri KTT ASEAN ke-38 pada Selasa (26/10/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selanjutnya, mantan Wali Kota Solo ini menyebut kemitraan ASEAN-AS harus dapat penjadi pilar penting pemulihan ekonomi pascapandemik. Dia menilai isu rantai pasok yang tidak terdiversifikasi dengan baik telah memperparah disrupsi pada saat dunia menghadapi krisis.

"Ke depan, ASEAN siap menjadi bagian penting dari rantai pasok perdagangan dunia. Integrasi ekonomi jelas menjadi kekuatan bagi ASEAN untuk menjadi bagian rantai pasok dunia," tuturnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Tak Ada Kerumunan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya