TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi: IKN Bukan Cuma Pindahkan Fisik Kantor Pemerintah

Jokowi ingin ibu kota baru jadi magnet global

Presiden Jokowi memberikan arahan di Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan pada Senin (17/1/2022). (youtube.com/UNPAR OFFICIAL)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo menegaskan pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur bukan cuma memindahkan fisik kantor pemerintahan saja. Dia ingin ibu kota baru nantinya bisa menjadi bagian dari transformasi besar-besaran di Indonesia.

“Tujuan utama adalah membangun kota baru yang smart, kota baru yang kompetitif di tingkat global. Membangun sebuah lokomotif baru untuk transformasi negara kita Indonesia menuju sebuah Indonesia yang berbasis inovasi dan berbasis teknologi, yang berbasis green economy. Karena dari sinilah kita memulai,” kata Jokowi dalam arahannya di Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: DPR Bahas RUU IKN soal Frasa Pemerintahan Daerah Khusus IKN 

1. Jokowi ingin IKN jadi kota sehat dan efisien

Presiden Jokowi memberikan arahan di Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan pada Senin (17/1/2022). (youtube.com/UNPAR OFFICIAL)

Jokowi menyampaikan pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur harus dijadikan momentum membangun kota yang sehat, efisien dan produktif. Sehingga, warga di ibu kota baru nantinya bisa memanfaatkan sepeda untuk moda transportasi sehari-hari.

“Warganya ke mana-mana bisa naik sepeda, ke mana-mana bisa jalan kaki karena zero emision. Yang menyediakan pelayanan keamanan dan kesehatan serta pendidikan yang berkelas dunia. Bayangan kita seperti itu,” ucap Jokowi.

2. Jokowi ingin IKN jadi magnet global

Desain ibu kota baru (YouTube/Sekretariat Presiden)

Mantan Wali Kota Solo ini berharap ibu kota baru nantinya bisa menjadi new smart metropolis. Sehingga, kata dia, mampu menjadi magnet global dan menjadi pusat inovasi.

“Saya mengharapkan kontribusi keluarga besar Unpar dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk memberikan kontribusi dalam transformasi Indonesia ini. Memberikan kontribusi melalui SDM unggul melalui inovasi, pengetahuan dan teknologi melalui karya-karya nyata untuk kemajuan Indonesia,” tuturnya.

Dalam penutupan arahannya, Jokowi juga menampilkan desain ibu kota baru. Di layar tersebut juga terlihat desain terbaru Istana Garuda karya I Nyoman Nuarta.

Baca Juga: Ketua Pansus Targetkan Pembahasan RUU IKN Rampung Awal 2022

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya