TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Massa Sambut Rizieq di Bandara, Ingat Pesan Mahfud MD: Jangan Rusuh!

Mahfud peringatkan jangan sampai penyambutan berakhir kacau

Simpatisan menyambut kedatangan pimpinan FPI Rizieq Shihab di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (10/11/2020) (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Jakarta, IDN Times - Massa simpatisan Rizieq Shihab menyambut kedatangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu di Bandara Soekarno Hatta sejak Selasa pagi (10/11/2020). Penyambutan para pengikut Rizieq ini sebelumnya telah diwanti-wanti oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Dia memperingatkan jangan sampai penyambutan Rizieq tersebut berakhir kacau. Apabila ada yang rusuh dan membuat kekacauan, aparat keamanan tidak akan segan-segan untuk menindak.

"Yang penting jangan membuat kerusuhan, karena Habib Rizieq itu mau pulang dengan revolusi akhlak. Nah, kalau membuat kerusakan, itu berarti bukan pengikutnya Habib Rizieq. Kita sikat. Kalau pengikutnya Habib Rizieq yang tertib," ujar Mahfud dalam keterangan persnya yang ditayangkan di channel YouTube Kemenko Polhukam RI, Kamis 5 November 2020 lalu.

Baca Juga: Rizieq Pulang, Jalan Menuju Bandara Soetta Macet Total Sejak Dini Hari

1. Mahfud minta massa tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan

Menkopolhukam Mahfud MD sewaktu acara Dari Jogja untuk Indonesia - Mangayubagya Ketua Parampara Praja DIY, Prof. Dr. Moh Mahfud MD menjabat sebagai Menkopolhukam RI di Hotel Grand Ambarukmo, Sleman, Minggu (17/11). (IDN Times/Tunggul Kumoro)

Terkait penyambutan para pengikut Rizieq itu, Mahfud juga mengingatkan agar massa tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab, pemerintah selama ini telah berupaya untuk mengkampanyekan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Pemerintah sekarang sedang dalam kampanye dan sosialisasi protokol kesehatan sebagai vaksin sementara sebelum datang vaksin yang sesungguhnya, maka protokol kesehatan supaya dipatuhi agar tidak saling memberi mudarat. Jangan saling menyulitkan antar umat. Jadi Anda jaga, orang lain jaga, silakan," bebernya.

2. Mahfud minta aparat tak terlalu berlebihan dalam proses pengamanan

IDN Times/Galih Persiana

Di waktu berbeda, Mahfud juga kembali mengingatkan tentang massa yang harus tertiba saat menyambut Rizieq. "Revolusi akhlak itu akan menimbulkan kebaikan, oleh sebab itu semuanya harus tertib. Silakan menjemput, tapi tertib, rukun dan damai, seperti yang selama ini dianjurkan oleh Habib Rizieq,” kata Mahfud lewat siaran persnya, Senin (9/11/2020).

Mahfud juga mengimbau kepada aparat untuk tidak terlalu berlebihan dalam proses pengamanan di bandara. Menurut Mahfud, kepulangan Rizieq adalah hal biasa saja.

“Tetapi tidak usah berlebihan. Tidak boleh ada tindakan-tindakan yang sifatnya represif, semuanya harus dikawal dengan baik. Sampai Rizieq tiba di kediamannya dengan baik dan selamat,” kata Mahfud.

Baca Juga: Kepulangan Rizieq Jadi Trending Topic, Begini Komentar Warganet

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya