TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menhub: Jika Tak Dilarang, 81 Juta Masyarakat Indonesia akan Mudik

Jawa Tengah jadi tujuan mudik tertinggi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 6 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memaparkan hasil survei yang dilakukan pihaknya terkait mudik Lebaran. Menurut Budi, apabila pemerintah tidak melarang mudik Lebaran, maka ada sekitar 81 juta orang yang akan melakukan kegiatan mudik Idul Fitri.

"Apabila tidak ada larangan mudik, maka 33 persen orang masih mudik. Artinya ada 81 juta orang akan mudik. Tetapi kalau ada larangan mudik, orang yang ingin mudik 11 persen dengan angka 27 juta. Itu tetap jumlah yang banyak," ujar Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga: Banyak Masyarakat Nekat Mudik saat Ada Larangan, Perlu Sanksi?

1. Jawa Tengah menjadi tujuan terbanyak dari Jabodetabek

IDN Times/Imam Rosidin

Kementerian Perhubungan juga mengindentifikasi tujuan yang paling banyak dikunjungi masyarakat jika mudik Lebaran tidak dilarangan. Dari survei mereka, Jawa Tengah adalah wilayah terfavorit.

"Tujuan mudik yang paling banyak dari Jabodetabek ke Jawa Tengah sebanyak 37 persen atau kurang lebih 12 juta, Jawa Barat 23 persen atau 6 juta, dan Jawa Timur," ucap Budi.

Baca Juga: Ada 333 Titik Sekat Larangan Mudik 2021 yang Disiapkan Polri

2. Kemenhub tunggu arahan Satgas COVID-19 terkait larangan mudik

IDN Times/Auriga Agustina

Terkait mitigasi yang akan dilakukan oleh Kemenhub, Budi mengatakan pihaknya masih menunggu Surat Edaran (SE) yang akan dikeluarkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19. Setelah itu, Kemenhub akan menindaklanjutinya.

"Kami menunggu arahan dari Satgas COVID, karena Satgas yang akan memberikan SE dan kami akan menindaklanjuti," ucap Budi.

Baca Juga: Soal Larangan Mudik, Gubernur Edy: Bisa Silaturahmi Virtual

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya