TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pembangunan RS Darurat COVID-19 di Pulau Galang Terkendala Cuaca

Awalnya, RS darurat ini rampung pada 28 Maret lalu

(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan peninjauan ke rumah sakit darurat penanganan COVID-19 yang berada di Pulau Galang, Kepulauan Riau. Kunjungan Jokowi tersebut guna meninjau persiapan RS darurat di Pulau Galang itu.

RS darurat di Pulau Galang itu ditargetkan rampung pada 28 Maret 2020 lalu. Namun, hingga kini pembangunannya belum juga selesai. Jokowi pun menyampaikan bahwa keterlambatan pembangunan tersebut lantaran adanya kendala cuaca.

Baca Juga: Pembangunan Rumah Sakit Pasien Virus Corona di Pulau Galang Molor 

1. Jokowi sebut Senin depan RS darurat bisa digunakan

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Jokowi menyebut bahwa Senin (6/4) RS darurat di Pulau Galang sudah bisa digunakan. Dia mengatakan, pembangunan memang ada keterlambatan beberapa hari karena terkendala cuaca.

"Memang ada keterlambatan 3-4 hari. Karena ada transportasi bahan material yang terkendala karena cuaca," kata Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/4).

2. Sebanyak 360 tempat tidur disediakan di RS darurat Pulau Galang

RS Corona di Pulau Galang (ANTARA News)

Jokowi menjelaskan, pemerintah telah menyiapkan 360 tempat tidur untuk pasien COVID-19. Untuk ruang isolasinya sendiri sebanyak 20 ruangan ICU dan 30 ruangan non-ICU. Meski begitu, Jokowi berharap bahwa ruangan yang telah disediakan itu tidak banyak dipakai untuk pasien COVID-19.

"Sejak awal ini dibangun untuk siapkan. Kalau semuanya selesai, baru kita alihkan untuk penggunaan lain. Rencananya untuk RS penyakit menular dan riset penyakit. Riset dan RS penyakit menular. Kami harap ini gak dipakai," ujar Jokowi.

Baca Juga: Hadapi COVID-19, Presiden Jokowi Tengok RS Darurat di Pulau Galang 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya