TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Satgas: Pengguna Kereta Api dan Pesawat Meningkat dalam 5 Bulan

Penggunaan pesawat naik hingga 350 persen

Protokol kesehatan di Bandara Soetta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, mobilitas masyarakat mengalami peningkatan dalam lima bulan terakhir ini. Dia menyebut, masyarakat yang menggunakan kereta api sebagai transportasi meningkat hingga 600 ribu orang pada November ini.

“Data menunjukkan bahwa mobilitas menggunakan kereta api mengalami kenaikan lima kali lipat dalam lima bulan terakhir. Jumlah perjalanan kereta api pada bulan Juli sekitar 100 ribu, sedangkan pada bulan November meningkat hampir mencapai 600 ribu,” kata Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube BNPB Indonesia, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga: Satgas: Kasus Aktif COVID-19 RI Meningkat 4 Hari Berturut-turut

1. Penggunaan pesawat terbang juga meningkat 350 persen selama lima bulan terakhir

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Selain kereta api, peningkatan juga terjadi pada moda transportasi pesawat. Dalam lima bulan terakhir, jumlah warga yang gunakan pesawat bertambah 350 persen.

“Jumlah perjalanan pesawat terbang pada Juli adalah 360 ribu, sedangkan pada November meningkat jadi 1,6 juta,” tutur Wiku.

Baca Juga: Satgas: Penyintas COVID-19 Bisa Terinfeksi Varian Omicron

2. Satgas sebut kepatuhan masyarakat pada protokol kesehatan berkurang

Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jakarta (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Kemudian, Wiku mengungkapkan bahwa peningkatan mobilitas ini harus diimbangi dengan kepatuhan protokol kesehatan. Namun, ia menyayangkan tingkat kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan justru berkurang.

"Idealnya, peningkatan aktivitas juga diikuti dengan peningkatan kepatuhan protokol kesehatan. Namun sayangnya, data menunjukkan sebaliknya. Di mana dalam minggu terakhir, cakupan desa atau kelurahan yang patuh memakai masker dan menjaga jarak alami penurunan,” ucap dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya