TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Seluruh Dubes Bisa Saksikan Peringatan HUT ke-75 RI secara Virtual

Di belahan dunia mana pun bisa ikut nonton!

Suasana Istana Negara saat pelaksanaan Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-75 pada Senin, (17/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jakarta, IDN Times - Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media, Bey Machmudin, mengatakan Upacara Peringatan HUT ke-75 RI digelar secara sederhana karena pandemik COVID-19. Ia mengatakan, Sekretariat Presiden telah memberikan wadah bagi masyarakat untuk mengikuti upacara secara virtual.

Para pejabat negara yang tidak bertugas juga mengikuti upacara secara virtual. Tak hanya itu saja, di tahun ini, Istana juga memberikan slot bagi duta besar di seluruh dunia untuk bergabung dalam perhelatan peringatan HUT Kemerdekaan RI secara virtual.

"Kami mengundang masyarakat secara virtual. Kami juga menyediakan slot untuk duta besar di seluruh dunia. Ini pertama kalinya 17 agustus dihadiri para duta besar di dunia," kata Bey seperti yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (17/8/2020).

Bey menuturkan konsep upacara tahun ini memang sangat berbeda karena adanya pandemik COVID-19. Bey mengatakan, peserta yang hadir juga hanya 20 orang.

"Dari konsep sangat sederhana. Pada pukul 09.00 WIB biasanya sudah ramai dengan kegiatan budaya, sekarang tidak ada. Biasanya ada ratusan peserta, sekarang hanya 20 puluhan," ujar Bey di lokasi.

Selain itu, Bey juga mengatakan bahwa protokol kesehatan dilakukan dengan sangat ketat pada upacara hari ini. Ia menyebut, semua yang mengikut upacara harus di tes swab terlebih dahulu.

"Protokol kesehatan adalah untuk adaptasi kebiasaan baru. Sudah di tes swab pasti," tuturnya.

Upacara dalam memperingati HUT ke-75 RI digelar dua sesi. Sesi pertama atau pagi yaitu Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi yang digelar pukul 09.00 WIB. Sedangkan sesi kedua atau siang yaitu Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih yang digelar pukul 15.45 WIB.

Upacara Hari Ulang Tahun ke-75 RI di Istana Kepresidenan akan sangat berbeda tahun ini. Sebab, acara tidak digelar semeriah tahun-tahun sebelum karena pandemik COVID-19 yang melanda Tanah Air.

Di Upacara HUT ke-75 RI tahun ini, kuota undangan sebanyak 17.845 disediakan agar masyarakat bisa mengikuti upacara virtual. Seluruh masyarakat yang telah mendaftar melalui alamat https://pandangistana.setneg.go.id dapat mengikuti upacara secara daring.

Baca Juga: 2 Tim Upacara HUT ke-75 RI yang Bertugas di Istana Hari Ini, Apa Saja?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya